alextop

Kesulitan Rober T Kiyosaki Pada Saat Awal Menerima Nasihat dari “Kedua Ayahnya”

Kesulitan Rober T Kiyosaki Pada Saat Awal Menerima Nasihat dari “Kedua Ayahnya”

Seri Pemikiran Rober T. Kiyosaki

Dalam bukunya Rich Dad Poor Dad, Robert T Kiyosaki menyampaikan apa yang menjadi kesulitannya pada awal belajar finansialnya dari 2 tipe orang tua yang berbeda.

Robert menjadikan Ayah temannya yang bekerja sebagai pengusaha sebagai Model ayah kaya. Kemudian Robert mengambil ayahnya sendiri yang bekerja sebagai pegawai sebagai contoh ayah yang miskin.

Pada awal karir bisnisnya, kedua ayahnya sama-sama memberi nasihat. Kedua-duanya juga sama-sama ingin dituruti nasihatnya. Sisi positif dengan memiliki  2 orang yang berbeda dan sama-sama memberi nasihat adalah dapat secara langsung membandingkan nasihat mereka berdua. Dapat menimbang-nimbang, mana yang lebih baik. Kalau “ayahnya” adalah satu orang, maka mau tidak mau ya harus ikut yang satu itu. Sehingga memiliki 2 “ayah” yang berbeda tipe menyebabkan Robert merasa mendapatkan pemahaman yang lebih menyeluruh.

Perbedaan nasihat dari kedua ayahnya itu terutama adalah dalam hal finansial, jika yang satu mengatakan “belajarlah agar kamu dapat bekerja di perusahaan yang bonafit” sementara itu ayah yang satunya akan mengatakan. “belajarlah kamu agar kamu dapat membeli perusahaan yang bonafit”. Yang satu mengatakan “akar kejahatan adalah karena orang tamak dengan uang”, yang satunya lagi mengatakan “akar kejahatan adalah karena seseorang kesulitan dalam hal keuangan mereka”.

Selain sisi positif, hal yang menyulitkan Robert adalah karena kedua ayahnya tersebut sama-sama belum menunjukkan kesuksesan financial di mata Robert. Mereka masih terlihat sama dalam hal finansial, sehingga hal yang tidak bisa disimpulkan saat Robert masih remaja adalah, mana yang lebih sukses. Karenanya kemudian Robert harus menimbang-nimbang sendiri, mana nasihat finansial yang kira-kira lebih tepat. Itulah kesulitan Robert Kiyosaki di awal belajar finansialnya.

===============================

Iklan: Cara Kerja Mikrometer Sekrup

===============================