Tips Penyajian Masakan untuk Difoto

Saya sih sebenarnya bukan potografer. Kalau disebut amatir mungkin amatir golongan paling bawah. Tapi setelah sekian tahun mengelola foodblog Masukdapur baru beberapa tahun belakangan ini abdi mulai memperhatikan foto-foto yang saya manfaatkan untuk ilustrasi keterangan masakan. Kebanyakan foto-foto itu hanyalah foto sekedarnya asal mengatapel. Sekedar bukti lamun masakan tersebut benar2 benar masakan hamba. Bukti kalau keterangan yang saya munculkan sudah saya coba terlebih dahulu. Akhir-akhir ini saya (agak) benar-benar belajar soal gimana menata makanan yang baik dan sungguh mengambil gambarnya maka itu menghasilkan foto makanan/minuman yang lumayan gemar dipandang. Belum maksimum memang, tapi yah mulai ada perbanyakan dibandingkan foto-foto pada awal blog Masukdapur dibuat. Hehe pe de. Berikut trik cara sederhana Food Plating untuk foodphotography yang saya membaca dari learnfoodphotography. com:

Empat Cara Simpel Penyajian Masakan



Pada waktu pernah memasak dan pernah mencoba buat membuat penyajian dengan bagus pasti pendapat bahwa sebenarnya berikut bukanlah hal yang cukup mudah. Walaupun tampak sederhana, menyediakan masakan dan menggarnisnya supaya terlihat mempesona adalah hal secara cukup menantang.

Salah satu tips www.kiresep.com untuk menciptakan penyajian yang menawan adalah jangan banyak-banyak taruh elemen target dalam satu petak. Buat sederhana saja. Taruh yang betul-betul dibutuhkan. Perhatikan porsinya, jangan terlalu penuh, jangan terlalu sedikit. Jika memungkinkan gunakan piring yang agak besar supaya target tidak terlihat sesak atau bertumpuk.

Karena saya jarang luar biasa bikin makanan bersaus (kecuali berkuah) diantaranya masakan Eropa oleh sebab itu kayanya tips yang ini untuk saya agak membingungkan hahaha. Satu hal dengan bisa saya naikkan sarinya (halah) ialah bahwa saus/kuah sanggup menjadi elemen pas penting dalam penyajian masakan. Saus/kuah mampu menambah warna, merangsangkan selera dan membuat masakan terlihat segar. Jangan tuang saus/kuah terlalu banyak agar tidak ‘merendam’ benda utama dari masakan. Jika saus/kuah terlalu banyak dapat menyembunyikan bahan-bahan yang tersedia dalam masakan. Jika sausnya kental bagi saja seperti alur zig zag atau sesuai selera disekeliling bahan utama tapi jika berupa kuah tuang saja sekutil di bawah bahan utama.

Jangan penuh saat menghias penganan. Gunakan bahan-bahan gres seperti daun mint, daun ketumbar / seledri. Bisa pula cabai dan tomat. Gunakan hiasan dengan sesuai dengan masakannya.

Bahan bubuk juga dapat digunakan buat menghias makanan diantaranya bubuk cabai ataupun bubuk merica hitam. Menghias masakan dapat dilakukan dengan jumlah cara dan jika dikerjakan dengan tepat mampu mempercantik dan menciptakan masakan tampak memikat.

Tumpukan cookies, tumpukan pancake atau tumpukan brownies. Tumpukan merupakan dimensi yang luar biasa dari makanan. Buat beberapa makanan misalnya cookies atau pancake, hal ini sanggup dilakukan dengan cara sederhana. Tumpuk sekadar makanan tersebut satu sama lain.