Tips Merawat Jam Tangan Kesayangan

Bersihkan kaca jam

Pada kaca arloji, bersihkanlah dengan kain yang halus, jadi tidak menggores kristal jam yang betul2 sangat sensitif terhadap goresan. Meskipun jam nya tahan jalur, pada beberapa jam memiliki lapisan pelindung kaca yang asalkan digores secara terus-menerus dengan bahan yang kasar, maka lepek tersebut akan tambah tipis, mudah cacat, hilang, dan kelam ketahanannya terhadap goresan.

Bersihkan Tali jam sesuai dengan Jenisnya

Untuk bagian senar jam tangan yang terbuat dari karet, bersihkanlah dgn sabun kemudian sikatlah dengan sikat kecil agar sisa-sia keringat yang menempel saat jam menjadi pupus, bersih, dan tidak menimbulkan bau dan jamur.

Kalau grosir jam tangan kw secara terbuat dari stainless steel murni (biasanya di dalam jam original) yakni dengan cara membersihkan gelang stainless steel murni dengan alkohol dan menyikatnya, hal ini akan meniadakan sisa-sisa keringat di dalam pergelangan tangan secara menempel pada bagian jam tangan. Untuk Stainless Steel murni, tidak akan menjauhi karat, tapi pada jam-jam kw, nun merupakan campuran, biasanya catnya akan usang, dan kadang menyebabkan karat jika terbentur air.

Kalau dengan terbuat dari kanvas. Caranya mudah, cuci kanvas, sikat dengan tambahan sabun, dan keringkan dengan menggunakan kertas koran, hal terkait akan cepat mengering, karena akan diserap oleh kertas selebaran dan tidak menyembulkan bau.

Jangan terlalu sering melipat atau menbengkokkan tali jam tangan yang terbuat dari kulit atau karet olehkarena itu itu akan membuahkan retak atau rompeng pada bagian yang kerap terlipat.



Jauhkan dibanding Air dan Senyawa Kimia Tertentu

Sebisa mungkin jauhkan jam dari air. Water Resist / Water Proof / Water proof bukan berarti bukan rusak kalau tertumbuk air. Pada jam Casio misalnya, toleransi jam teruji pada berenang pada daya tertentu, namun, apabila saat berenang atau jam tangan itu ditenggelamkan dan tombolnya ditekan saat berada di dalam air, maka kemungkinan besar air akan merasuk perlahan (sedikit per sedikit), hal berikut akan menyebabkan rusaknya jam anda, berkemal, atau kalau pada jam digital akan mengalami kerusakan.

Jauhkan jam dari zat-zat yang bisa menerbitkan korosi pada jam antara lain uap, minyak, keringat, larutan hujan, lumpur, larutan laut, dan lain-lain. (kecuali pada Jam Tangan Original yang benar2 teruji ketahanannya lawan zat-zat yang telah dikenal sebelumnya. )

Saksama Baterai Jam serta Jauhkan dari Magnet

Segera mengganti aki jika sudah kesimpulan. Atau kalau gak sempat, agan mesti langsung membuang batere yang telah mati mereka. Kenapa? Karena bahwa baterai sudah expired / kadaluarsa / mati / usang, biasanya akan menimbulkan minyak yang bertemperamen korosif dan mengoyak pada mesin jam tangan.