Web Portal Tangerang Selatan Tak Banyak Diketahui Warga

Kota tangerang Selatan (Tangsel) yaitu salah satu kota otonomi paling baru di Indonesia, diresmikan 29 Oktober 2008. Metropolitan ini merupakan perolehan pemekaran wilayah Kota Tangerang, Provinsi Banten. Wilayah Tangsel mencangkup bagian tenggara Kabupaten Tangerang, memiliki raya 147 km2 dengan jumlah penduduk 1, 29 juta jiwa (Sensus Penduduk 2010). Dengan jumlah warga sebanyak itu Tangsel langsung menempati strata ke 11 metropolis terbesar di Nusantara.

Pemeritah Kota (Pemkot) Tangsel terus membenahi, termasuk dalam mengembangkan sistem informasi. Sekarang sudah dikembangkan susunan web Tangsel Syarat dengan tampilan home page yang sempurna menarik, dilengkapi halaman (page) Beranda (Halaman Utama); Selayang Tekur (Sekilas Tangerang Selatan), berisi informasi mengenai Sejarah Tangsel, Reaksi Kepemimpinan, Lambang Ruang, Gambaran Umum, Siluet biografi Walikota dan Utusan, serta Visi serta Misi; Pemerintahan (Data Pemerintahan), berisi keterangan mengenai SKPD Jawatan, Badan, Kantor dan Kecamatan, APBD serta RPJMD; Pembangunan (Info Pembangunan) meliputi informasi mengenai ILPPD dan Peluang Investasi; Tata (Info Produk Hukum) meluputi Peraturan Daerah dan Peraturan Walikota; dan Berita (Seputar Tangerang Selatan).

Web portal resmi tangselmedia dilengkapi Katagori Berita Terkini, Advertorial, Informasi Publik, Situasi, Link (LPSE Tangsel, Depdagri, Pemprov Banten, BPS Banten, BKPP Tangsel, Dinas Binamarga dan Sumberdaya Air Tangsel, dan Siabang - Sistem Keterangan Administrasi Pembangunan), Komisi Diskusi Kita, Ruang baca Kita dan Rancangan Tangerang Selatan.



Bila dilihat dari statistik pengunjung, keberadaan web portal resmi Tangsel Syarat ini belum demikian dikenal oleh rumpun Tangsel, yaitu beserta jumlah pengunjung kurang dari 300 per hari, padahal banyak penduduk Tangsel mencapai 1, 29 juta jiwa. Tentu saja eksistensi situs yang dibuat dengan biaya yang bukan sedikit ini harus memberikan manfaat untuk sebanyak-banyaknya masyarakat Tangsel. Caranya dengan menyodorkan informasi alamat web - web (URL) melalui tujuh Kecamatan, 49 Kelurahan dan 5 Tanah air yang ada. Pelayanan terhadap masyarakat siap lebih efekif dan efisien dengan menyebarkan e-government, salah satu teknik yang dapat digunakan ialah web pintu resmi Pemkot.

Vista Kota Tangsel benar luar biasa, para pengembang terbesar di Nusantara sudah jauh-jauh tarikh menancapkan kakinya dalam kawasan ini, maka itu terbangunlah pusat-pusat bisnis, pemukiman dan tuntunan. Namun dalam hal ini jangan melupakan kearifan lokal, pertambahan kota dijarapkan saja dapat meningkatkan kesentosaan masyarakat yang telah sejak lama mukim di Serpong, Serpong Utara, Setu, Pondok Aren, Ciputat, Ciputat Timur dan Pamulang. Walikota Hj. Airin Rachmi Diany, SH. MH. yang dikenal sebagai walikota dan pejabat paling mempesona di Indonesia, beserta jajarannya dan didukung oleh DPRD, diharapkan mampu membawa Kota Tangsel sebagai “rumah bersama” bagi sekitar masyarakatnya. Selain itu visi Kota Tangsel yaitu “Terwujudnya Kota Mandiri, Damai, Patut dan Sejahtera” sanggup benar-benar tercapai.