HUT ke-48, LIPI Beri Inventor Award pada 7 Peneliti Berjasa

Di hari ulang tahunnya ke-48, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memberikan apresiasi bagi tujuh orang penelitinya yang berjasa menghasilkan invensi atau penemuan baru melalui pemberian Inventor Award, Senin (24/08/15).

Dengan pemberian Inventor Award ini, Kepala LIPI Prof.Dr Iskandar Zulkarnaen berharap banyak hasil penemuan dari para peneliti visa bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan masyarakat umum.

“Pemberian Inventor Award sebagai bukti nyata hasil-hasil penelitian LIPI yang telah dipatenkan bisa dimanfaatkan oleh industri dan masyarakat umum," ucap Iskandar Zulkarnaen kepada heibogor.com.

Ia menambahkan, tujuh peraih Inventor Award ini telah menghasilkan karya riset secara perorangan maupun kelompok.

“Tujuh hasil penelitian itu adalah biskuit untuk penyandang autis, komposit dari serat mikrovkenaf dengan polipropilena atau poli asam laktat, proses pembuatan sel dan kluster baterai padat lithium berbasis keramik,” ungkapnya.

Ada juga, sambung Dr. Iskandar, bio toilet berpengaduk manual, metoda dan alat untuk meningkatkan kadar methana dalam biogas, sari tempe manue, dan proses pembuatannya, serta antena radar penetrasi tanah berbentuk dasi kupu-kupu.

Ia melanjutkan, tujuh karya riset itu dinilai memenuhi syarat inovasi dan sangat bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan masyarakat luas.

“Salah satu hasil yang menonjol adalah proses pembuatan sel dan kluster baterai padat lithium berbasis keramik, di mana baterai lithium tersebut bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti mobil listrik dan bio toilet berpengaduk manual di mana kloset tersebut menampung tinja manusia yang diproses secara alami oleh mikroba lalu dapat menghasilkan pupuk kompos," tuturnya.

Sumber: soeharto