Teknik Menjaga Jam Tangan Kesayangan

Bersihkan kaca Jam



Pada kaca jam tangan, bersihkanlah dengan tilam yang halus, maka itu tidak menggores muka jam yang betul2 sangat sensitif tentang goresan. Meskipun Jam nya tahan jalur, pada beberapa Jam memiliki lapisan barier kaca yang lamun digores secara terus menerus dengan bahan yang kasar, maka tingkatan tersebut akan tambah tipis, mudah tua, hilang, dan berkurang ketahanannya terhadap rusak.

Bersihkan Tali Jam sesuai dengan Jenisnya

Untuk bagian senur jam tangan yang terbuat dari karet, bersihkanlah secara sabun kemudian sikatlah dengan sikat imut agar sisa-sia peluh yang menempel di jam menjadi sirna, bersih, dan bukan menimbulkan bau dan jamur.

Kalau secara terbuat dari stainless steel murni (biasanya pada jam original) yakni dengan cara mencuci gelang stainless steel murni dengan alkohol dan menyikatnya, hal ini akan menghilangkan sisa-sisa keringat dalam pergelangan tangan dengan menempel pada bagian jam tangan. Untuk Stainless Steel murni, tidak akan menjauhi karat, tapi di dalam jam-jam kw, yang merupakan campuran, umumnya catnya akan rusak, dan kadang membangkitkan karat jika terantuk air.

Kalau yang terbuat dari kanvas. Caranya mudah, cuci canvas, sikat dengan tambahan sabun, dan keringkan dengan menggunakan kertas koran, hal ini akan cepat mengering, karena akan diserap oleh kertas koran dan tidak menyebabkan bau.

Jangan terlalu sering melipat / menbengkokkan tali Arlojijamoriginal yang terbuat dari kulit atau karet olehkarena itu itu akan mengakibatkan retak atau belah pada bagian yang kerap terlipat.

Jauhkan mulai Air dan Materi Kimia Tertentu

Sebisa mungkin jauhkan Jam dari air. Water Resist / Water Proof / Tahan Air bukan berarti bukan rusak kalau tertumbuk air. Pada Jam Casio misalnya, kekebalan jam teruji pada berenang pada intensitas tertentu, namun, kalau saat berenang ataupun jam tangan itu ditenggelamkan dan tombolnya ditekan saat berada di dalam air, maka sangat mungkin air akan mengakar perlahan (sedikit per sedikit), hal berikut akan menyebabkan rusaknya jam anda, berkemal, atau kalau saat jam digital hendak mengalami kerusakan.

Jauhkan jam dari zat-zat yang bisa menyebabkan korosi pada Jam antara lain minuman, minyak, keringat, larutan hujan, lumpur, air laut, dan lain-lain. (kecuali pada Arloji Original yang benar2 teruji ketahanannya lawan zat-zat yang telah dikenal sebagai sebelumnya. )

Perhatikan Baterai Jam serta Jauhkan dari Magnet

Segera mengganti aki jika sudah habis. Atau kalau tidak sempat, agan pantas langsung membuang batere yang telah mati mereka. Kenapa? Karena kalau baterai sudah expired / kadaluarsa alias mati / cacat, biasanya akan menyebabkan minyak yang berwatak korosif dan menggelisahkan pada mesin arloji.

Jauhkan dari Alun-alun Magnet yang superior jika ingin penyelenggaraan jam tangan anda berproses secara optimal, seperti magnet, tv, loudspeaker, kulkas dll Barang-barang yang memiliki kecakapan magnetik dapat mempunyai pengaruh buruk terhadap jam tangan. Magnet secara dihasilkan oleh objek-objek tersebut akan menyembulkan gaya tarik mempesona terhadap komponen jam tangan