Makanan Khas Klungkung

 

Berjalan-jalan ke kota Klungkung tak lengkap rasanya jika tidak mencoba beberapa makanan khas yan ada di Klungkung. Selain rasanya yang lezat, makanan khas Klungkung harganya juga tak merogoh kocek yang dalam untuk menikmatinya. Makanan khas Klungkung yang saya ingin beritau ini berdasarkan pengalaman pribadi saya saat mengunjungi kota Klungkung. Berikut ini akan saya jelaskan sedikit tentang makanan khas Klungkung yang saya ketahui.

1.      Serombotan.

Serombotan merupakan makanan khas Bali, tepatnya Klungkung. Makanan ini terdiri dari kecambah, kangkung, buncis, kacang panjang, dan terong bulat.  Semua jenis sayuran itu direbus dan kemudian di potong-potong pendek untuk mempermudah penyajian. Selain berbagai macam sayuran serombotan, juga disajikan dengan berbagai jenis kacang seperti kacang merah, kacang ijo, kacang tanah dan kacang hitam sehingga orang menyebutnya dengan serombotan kacang khas klungkung. Bumbu yang digunakan biasanya ada 2 jenis. Yang pertama sambal kelapa parut atau lebih dikenal dengan nama sambal nyuh. Bumbu kedua adalah bumbu kacang, bumbu ini biasanya dibuat sedikit pedas agar ada sensasi lebih yang dirasakan saat memakannya. Jika anda ingin merasakan makanan serombotan ini, datanglah ke klungkung.  Harga untuk serombotan ini tak terlalu mahal, biasanya berkisaran antara Rp.3.000 atau 4.000, anda sudah bisa merasakan makanan ini. Dijamin setelah anda merasakan serombotan khas klungkung ini, anda akan merasa ketagihan.

2.      Rujak bir.

Ketika menikmati sensasi pedasnya serombotan, tentu saja akan makin klop bila ditemani dengan segelas minuman manis yang segar. Tak salah jika anda mencoba salah satu minuman khas Klungkung yaitu rujak bir. Namanya yang nyentrik kerap kali membuat orang tertipu. Walaupun namanya rujak bir, dalam minuman ini tidak ada campuran bir sama sekali. Minuman ini terbuat dari campuran air dan gula diberi serutan kelapa muda dan perasan jeruk nipis. Agar makin menarik diberi sedikit pewarna makanan merah muda. Bila anda ingin menikmati dalam keadaan dingin, anda cukup menambahkan beberapa es batu. Kendati bahannya amat sederhana, namun rasanya tak bisa dikatakan sederhana. Para pedagang punya keahlian khusus dalam meracik yang diwarisi secara turun temurun. Sehingga menghasilkan rasa manis yang pas. Hal ini yang membuatrujak bir tak kalah segar dibanding minuman lainya.

3.      Mie koples.

Makanan khas Klungkung selanjutnya adalah Mie Koples. Orang-orang terkadang bingung kenapa makanan ini disebut mie koples.  Hal itu disebabkan karena Mie Koples ini terbuat dari Mie Bihun yang direbus dan dilengkapi dengan sambal koples.

Sambal koples adalah sambal yang terbuat dari terasi dipanggang dan kacang tanah digoreng, lalu terasi dan kacangnya dihaluskan seluruhnya. Selanjutnya bumbu itu ditambahkan dengan sedikit minyak kelapa, jeruk limo, dan sedikit air agar campuran bumbu menjadi encer. Makanan ini lebih nikmat bila kita tambahkan krupuk di dalamnya. Mie koples ini sangat banyak digemari oleh anak-anak remaja karena rasanya yang nikmat dan harganya yang relatif murah. Harga mie koples berkisaran Rp 2.000 per porsinya. Relatif murah untuk melengkapi makan siang ataupun makan malam anda.

Semua makanan khas Klungkung ini bisa anda temukan di pasar senggol Klungkung. Jika berlibur ke Klungkung, cobalah untuk mencicipi makanan yang ada diatas. Selain rasanya enak, harganya pun murah.