Lokasi Wisata pada Makassar yang Paling Dikenal

Makassar yang besar akan kuliner khasnya, pisang epe dan coto ini rupanya juga memiliki aneka tempat wisata dengan indah. Lokasinya dengan berada di tubir Pulau Sulawesi, puri Makassar ini tenar dengan Pantai Losarinya. Tetapi ternyata di Makassar masih punya ragam tempat wisata menarik, mulai dari kemungelan pantainya sampai tanah lapang tingginya. Jangan mencapai berbatas ketika Anda beruang di Makassar, Dikau tidak tahu harus pergi berwisata di mana.

Agar nantinya Anda tidak sakit hati karena melewatkan hal-hal menarik saat terlintas ke Makassar, berikut ini 10 tempat wisata di Makassar dengan wajib Anda buka untuk liburan Kamu.

1. Trans Studio Makassar

Di negeri Makassar, tempat wisata di makassar menjadi satu buah ikon tempat wisata modern. Trans Studio yang dibangun pada atas lahan seluas 2, 7 hektar ini dibuka saat tanggal 20 Mei 2009. Di dalamnya, terdapat 21 wahana permainan dan empat zona permainan yaitu Studio Central, Magic Corner, Cartoon City dan Lost City,.

2. Benteng Rotterdam

Lokasi Benteng Rotterdam atau Fort Rotterdam ini tidak jauh dari kawasan Pantai Losari. Benteng Rotterdam adalah salah satu pesan sejarah dari Pemerintahan Gowa-Tallo. Benteng Rotterdam dibangun pada tahun 1545 oleh datuk ke-9. Awalnya, raja ini dibangun secara menggunakan tanah melenting dan putih telur, sampai kemudian bangunan tersebut disempurnakan oleh kepala suku ke-14.

Jika Anda lihat dari buat, bentuk dari raja ini menyerupai seekor penyu yang pada itu merangkak menuju kearah laut. Penyu dipilih karena binatang terkait bisa hidup pada air dan bumi, hal ini serasi dengan Keajaan Gowa-Tallo yang berjaya di lautan maupun negeri.

Awalnya nama kota ini adalah Tameng Ujungpandang dan saat saat benteng berikut jatuh ke tangan Belanda dan namanya berganti menjadi Fort Rotterdam. Nama berikut sampai sekarang menjadi populer. Dahulunya pada masa Belanda, benteng berikut digunakan sebagai tempat untuk menyimpan rempah-rempah hasil rampasan mulai Indonesia bagian timur.

3. Pantai Losari

Jika Anda visibel ke Makassar, mampir ke pantai dengan ada di Sendi Penghibur ini sudah biasa menjadi kegiatan wajib bagi setiap pengunjung. Tempat wisata tulang punggung ini mempunyai kekhasan tersendiri. Bila biasanya pantai dikenal secara pasirnya, Pantai Losari tidak memiliki pasir. Bila Anda hidup, Anda akan menghadang beton di tepian pantainya. Tak memilikinya pasir bukan menandakan pantai ini bukan layak untuk dikunjungi, terdapat banyak hal lain yang memikat dari tempat wisata di Makassar dengan satu ini.

4. Taman Nasional Bantimurung



Taman Nasional Bantimurung berlokasi di Kota Maros atau ronggang sekitar 45 km dari pusat kota Makassar. Taman Luar Bantimurung ini mempunyai luas sekitar 43. 750 hektar beserta wilayahnya yang meliputi bukit kapur, air terjun dan gua.

Taman nasional ini terlihat pertama kali oleh seorang ahli botani mulai kebangsaan Inggris, Alfred Russel Wallace. Saat itu, Wallace memanggil tempat ini sederajat kerajaan kupu-kupu karena terdapat sekitar 250 jenis kupu-kupu siap di sini. Ya, kupu-kupu memang dijadikan maskot untuk tempat wisata yang satu tersebut. Di gerbang merasuk Taman Nasional Bantimurung, akan ada satu buah patung kupu-kupu manusia besar yang siap menyimpulkan para pengunjung dengan datang.