Tips Masak Cepat & Hemat

Saat liburan adalah saat secara tepat bagi perempuan yang tadinya intim tidak pernah di dapur menjadi pencoba resep sederhana secara bisa langsung dikonsumsi. Bagi sebagian perempuan, masak adalah kegiatan yang paling dihindari. Mengapa wanita enggan bekerja masak ya? Kiranya alasannya kalau di dapur, semua perlengkapan turun sehingga teledor mencucinya. Ada sedang yang beranggapan jika masak pasti mengundang badan berbau tenang sedap, ada lagi yang beranggapan bahwa masak hanya omong kosong saja karena kalau memaksakan diri memasak hasilnya kurang mengamankan dan berakhir di tempat sampah, maka itu lebih praktis ke restoran cepat saji saja. Namun, masa ini tidak perlu khawatir, ada beberapa trik resep masakan gampang untuk mengatasi ketakutan tersebut, yaitu:

Bahwa memotong kacang lama, potonglah dengan gunting 5 kacang berjarak sekaligus. Dengan demikian akan menghemat zaman daripada memotongnya tunggal per satu secara pisau dapur.



Untuk sayur sop dan sayur asem, gunakan bumbu praktis setaraf Sajiku atau Mengiris yang sudah ada di warung terdekat. Begitu pula dgn lada bubuk, sudah biasa ada Ladaku di warung.

Ayam dengan sudah dipotong & dicuci lalu dibumbui diungkep. Setelah itu simpan di dalam lemari pendingin.

Untuk menggoreng ayam ungkep, panaskan minyak goreng hingga bisa merendam ayam dengan api lumayan, jangan sampai hukum. Masukkan ayam tatkala minyak panas, setelah kulit ayam mengering cepat-cepat kecilkan elektrik agar bagian di ayam tetap lembab.

Untuk ayam opor, tinggal blender bumbu-bumbu, tumis kemudian masukkan air santan di dalam panci, buncit masukkan ayam ungkepnya. Tambahkan bumbu penyedap rasa untuk tertumbuk terakhir sebelum mencabut api kompor. Bila tidak ingin mencampur penyedap rasa, gunakan perpaduan gula serta garam dengan komposisi yang tepat.

Buat menggoreng ayam mentah, pilih ayam kampung yuana atau ayam ruang, balurkan bumbu selama masa 15-30 menit, tiriskan, lalu goreng.

Cara menyimpan sayuran, siram lalu bungkus secara kertas simpan di lemari pendingin dengan suhunya stabil, sungguh dengan plastik, tetapi kentang, labu, umbi lapis simpan di lokasi yang agak gelap dan sejuk, tempat yang memiliki aliran udara.

Tomat, alpukat, kentang, kemangi, bawang merah, turunan, melon, madu, minyak, roti, dan sayuran sebaiknya jangan disimpan dalam kulkas, kian baik pada ruangan dengan suhu ruang saja.

Paling gampang masak sayur bayam, panaskan air muncul mendidih masukkan faksi bawang merah, kunci atau kencur (sesuai selera), lalu bayamnya. Masak bayam gak terlalu lama, karena selain rasanya getir, zat-zat gizinya juga sudah hilang.

Lauk paling mudah ialah telur, tempe serta tahu goreng tepung. Sekarang sudah terselip tepung bumbu dengan beredar luas di warung-warung atau bisa juga membuat bumbunya sendiri.

Cara menggoreng ikan nila agar tidak heboh seorang diri karena takut kecipratan minyak panas adalah dengan menggorengnya dan kemudian cepat-cepat tutup wajannya, tunggu beberapa kala, balik dengan tangkas sekaligus, kemudian tutup lagi. Akan tetapi tips ini riskan pusang, apalagi tutup wajannya tidak transparan. Bertambah baik ikannya diselimuti tepung bumbu, setidaknya dapat mengurangi risiko terkena percikan minyak panas. Gunakan rok lengan panjang untuk melindungi lengan.