Pergi ke Pulau Pramuka pada Kepulauan Seribu

Singkat cerita, kita sampai di Pulau Pramuka dan lantas dijemput oleh Uni Novi (pemilik penginapan yang kami sewa). Kami dibawa ke rumahnya. Sangat sesuai, dengan harga Rp 400. 000/rumah secara terdiri dari 2 kamar + 1 kamar mandi, siap kami isi secara 10 orang. Lantas kami dibawa Mbak Novi menuju tempat makan.

Makanan di sini lumayan murah. Mutu ikan bandeng dari kilo-nya hanya Rp 30. 000, serta Rp 50. 000 jika telah dipanggang dan siap makan. Hanya dengan Rp 20. 000 kita sudah bisa makan dengan cukup muak dan enak.

Setelah makan, kami meningkat untuk menuntaskan wujud kami kesini, ialah: Snorkling. Sewa bahan snorkling bisa dijalani disini. Kemudian, kita dijemput dengan kulit nelayan untuk pergi ke lokasi karang-karang dengan indah.

Ada 4 spot yang dikunjungi selama acara snorkling ini. Dimulai daripada Semak Daun mencecah lokasi tempat memelihara karang (haha.. gecul namanya, tapi emang bener, lokasi itu digunakan untuk mengembangbiakan coral) dan lalu diakhiri di Nusa Krambangan. Di lokasi ini merupakan lokasi peternakan ikan. Banyak banget loh spesies ikan-ikan di sini. Terselip bandeng, bawal, kerapu, kuwe, hingga ikan hiu. Konsep penangkaran ini adalah beserta membangun jaring-jaring di dalam laut. Tempat yang sangat indah serta inspiring!

Menjelang maghrib, kami balik ke paket wisata pulau pramuka yang hanya berjarak 10 menit dari Nusa Krambangan. Sampai pada Pulau Pramuka, refleks saja mencari teritori makan. Sebab sebelah harian di samudra dan berendam menghasilkan cacing di perut minta jatah. Seafood again... dengan mutu Rp 30. 000 bisa dinner dengan nasi goreng + ikan bandeng + telur + minum. Kenyang dan kenyang!

Acara selanjutnya mulai dari muncul masalah, ialah MANDI. 10 orang-orang mandi dengan 1 kamar mandi? Dapat dibayangkan. Siapa secara duluan yah? Hasilnya dengan permainan undian, gw mendapat keadaan yang cukup pucuk. Akhirnya bersama si Markus --nama otentik, bukan makelar kasus-- kami berkeliling dulu ke pulau, segenap mengenal pulau bertambah dalam.

Akhirnya kami sampai ke tunggal resort yang cukup bagus. Terdapat si bapak penjaga yang sangat renceng mulut tempat kami bertanya. Ternyata resort tersebut harganya cukup terjangkau, Rp 350. 000 / hari guna kapasitas 2 orang (+ extra bed charge jika bertambah dari 2 orang). Fasilitas: Kamar tolok ukur 5×4 m, lubang mandi air hangat/dingin, AC, TV. Ngobrol-ngobrol sesaat dapat keterangan bahwa pulau ini semakin hari tambah bertambah pengunjungnya terutama yang berasal daripada Jakarta. Mungkin berikut karena jaraknya yang cukup dekat dibanding Jakarta.

Untuk situasi malam, alangkah lebih asik jika diadakan acara seperti BBQ. Berhubung kami sedang lelah setelah komposisi subuh dan snorkling selama setengah hari, akhirnya kami tilam. Keesokan harinya, getok 7 WIB, kita kembali ke Daerah khusus ibukota jakarta.