Tips Sederhana Deteksi Ketebalan Kanvas Rem Mobil

Tips Sederhana Deteksi Ketebalan Kanvas Rem Mobil
Kanvas Rem

Brake pad atau dikenal sebagai kanvas rem, merupakan komponen utama pada kendaraan baik roda dua atau empat. Meski memiliki fungsi yang besar, yakni menahan gerak mobil dan sepeda motor, tetapi para pengendara sering kali mengabaikan untuk memerika kanvas rem ini. Walapun pengeremen mobil sudah dilengkapi dengan teknologi pengeremen seperti ABS, EBD & BA, dimana pengereman ABS (Anti Lock Braking System) untuk mencegah penguncian roda pada saat pengereman mendadak, EBD (Electronic Brake-force Distribution) berfungsi mendistribusikan daya pengereman sesuai beban kendaraan, BA (Brake Assist) untuk membantu pengereman lebih efektif. Tetapi semua teknologi itu akan sia-sia jika kanvas remnya sudah tipis. Karena kanvas rem yang tipis juga akan merusak part yang lain pada bagian pengereman juga. Ini sedikit saran untuk mendeteksi ketebalan kanvas rem. Maka sebaiknya kanvas rem sesekali harus dikontrol.
 

Kanvas Rem Harus Sering Dicek
Kanvas rem harus sering dicek, karena setiap mobil melakukan pengereman pasti terjadi gesekan dan lama kelamaan akan menipis. Pada kondisi ini efektivasnya dalam memperlambat dan menghentikan mobil akan menurun. Cara sederhana untuk mengetahui kanvas rem tebal atau tipis adalah dengan melihat langsung kondisinya.

 

Langkah Mengecek Kanvas Rem

Langkah pertama - gunakan senter lihat di sela-sela cakram dan kaliper terdapat bantalan kanvas rem. Jika menemukan ketebalan hanya sekitar 0,5 cm pertanda kondisi brake pad sudah sangat tipis dan segera lakukan pergantian. Jika kesulitan atau tidak sempat untuk sekedar mengintip dan melihat kondisi brake pad, indikator lain adalah perhatian ektra terhadap bunyi yang timbul saat pengereman. Pada brake pad umumnya terdapat pentulan besi kecil penanda batas bawah ketebalan brake pad. Jika brake pad sudah sangat tipis, saat dilakukan pengereman pentul besi kecil tersebut akan ikut tergesek pada cakram dan menghasilkan bunyi yang mengganggu.

Langkah kedua -  untuk mendeteksi suara saat pengereman, salah satunya adalah dengan tidak menyalakan sistem audio dengan suara yang terlalu keras. Karena dalam kondisi seperti itu, decitan suara kanvas rem bisa terdengar. Jika sudah ada bunyi seperti itu atau maka disarankan untuk segera menggantinya, karena jika didiamkan akan merusak permukaan cakram.

Demikian sedikit saran, semoga bermanfaat, selamat berkendara..patuhi peraturan lalu lintas.

sumber : http://www.paketkreditmobilhonda.com/