Resep Masakan Nasi Ayam Hainan Enak

Nasi mandung Hainan ialah masakan Tionghoa yang sering dikaitkan secara masakan Malaysia atau Singapura, dan sertaterus, ditemui yang negara tetangga Thailand, dan juga pada wilayah Hainan, China. Nasi ayam Hainan yang disebut demikian sebab berasal atas tradisi kecil memasak Hainan dan penerapannya oleh masyarakat orang Tionghoa perantauan suku Hainan di dalam kawasan Nanyang, versi makanan ini dengan didapati dalam Malaysia serta Singapura menyatukan unsur-unsur penganan Hainan & Kanton disematkan lagi dgn citarasa penganan di Asia Tenggara.

Tips Pengolahan kongsi resepi:
Nasi: tumis umbi lapis putih serta jahe untuk campuran minyak goreng & minyak wijen sampai harum.
Tambahkan melukut, aduk latar. Oles minyak wijen.
Tambahkan kaldu & garam. Diamkan sampai terserap. Kukus 20 menit mencapai berbatas matang.
Mandung rebus: oles ayam menggunakan campuran jerangau, minyak wijen, dan garam. Diamkan 30 menit.
Masukkan jahe, patera bawang, & garam ke rongga ayam. Semat ujungnya dengan tusuk gigi supaya tidak terserondok.
Didihkan air, garam, dan gula. Masukkan ayam. Usahakan terendam. Sehabis berubah corak, kecilkan obor. Tutup panci, rebus 20 menit. Berikan ayam, lap kering juga buang gandaan di perut ayam.
Potong-potong ayam, hidangkan dengan kuah dan nasi.
Kuah: merebus air rebusan ayam. Tambahkan labu siam dan merica. Masak hingga labu siam matang.
Sambal: rebus lombok, bawang suci, dan si pedas hingga murka. Tambahkan omong kosong manis, omong kosong inggris, garam, dan gula. Aduk rata. Angkat. Tambahkan air jeruk purut.
Saus Si pedas: tumis deringo sampai harum. Tambahkan kaldu, masak hingga mengental. Angkat. Saring 50 ml, tambahkan kecap ikan, aduk latar.