One Day Trip Ke Cirebon

Desa Batik Trusmi di Cirebon adalah destinasi yang lengkap. Wisatawan tidak hanya bisa belanja batik, tapi juga wisata kuliner sampai memborong oleh-oleh di dalam satu kawasan. Seru pisan ya!
One stop destination, begitulah Desa Batik Trusmi menjelma hari ini. Yang tadinya sebuah desa pengrajin batik yang mungil, wisata Batik Trusmi menyebar ke desa tetangga, diikuti pertumbuhan kawasan wisata dengan aneka fasilitas wisatanya.

Apa saja yang bisa dilakukan di sana? Berikut ulasannya:

1. Belanja batik
Tujuan utama wisatawan datang ke Desa Trusmi tentu saja untuk berburu batik. Mulai dari kain, kemeja, gaun, pernak-pernik, dan aneka turunan produk batik lainnya.

Toko yang paling besar adalah Pusat Grosir Batik Trusmi dengan parkiran luas dan muat sejumlah bus pariwisata. Saat detikTravel jalan-jalan di sana, ada sejumlah bus pariwisata datang membawa puluhan wisatawan. Mereka langsung menghambur berburu batik.

Di Trusmi tidak hanya ada Pusat Grosir Batik Trusmi, masih ada puluhan butik-butik batik yang berjejer panjang menawarkan aneka motif, harga dan bahan. Di dekat gapura selamat datang di Kawasan Batik Trusmi, ada toko Pesona Batik yang menempati bangunan kolonial.

Ada pula aneka toko batik misalnya Batik Wening, Batik Lia, Batik Nofa, Batik Ayunda dll. Toko batik terus bertebaran di sana-sini sampai ke kawasan wisata kuliner Empal Gentong, misalnya saja Rajjas Batik yang bersebelahan dengan Empal Gentong Haji Apud.

2. Wisata kuliner
Puas belanja batik, saatnya makan. Kalau wisata ke Desa Batik Trusmi, ada banyak pilihan destinasi wisata kuliner yang bisa kita coba. Di sebelah Pusat Grosir Batik Trusmi, ada tempat wisata kuliner khas Cirebon.

Namun, biasanya wisatawan mengisi perut ke kawasan wisata kuliner Empal Gentong khas Cirebon di Battembat, di ujung kawasan wisata batik ini sebelum memasuki wilayah pusat Kota Cirebon. Yang top ada Haji Apud dan Amarta yang bersaing ketat.

Pilihan menunya ada Empal Gentong alias soto daging yang berkuah santan, Empal Asem yang berkuah bening, sate dan Nasi Lengko yaitu nasi dengan tahu tempe disiram bumbu kacang. Jika berburu batik sampai malam, ada tambahan wisata kuliner khas Cirebon yaitu Bubur Sop Ayam. Ini adalah perpaduan unik bubur ayam dan sop yang gurih lezat.

3. Belanja oleh-oleh
Belanja sudah, perut pun kenyang, jangan lupa beli oleh-oleh untuk orang di rumah. Kawasan wisata Batik Trusmi juga memiliki sejumlah toko oleh-oleh khas Cirebon.

Beberapa saling bersebelahan dengan tempat kuliner dan gerai batik.
Misalnya saja Empal Gentong Amarta, Empal Gentong Haji Apud, Rajjas Batik dan Toko Ade Oleh-oleh Khas Cirebon saling bersebelahan. Sekali berhenti, banyak bisa langsung dilakukan.

Oleh-oleh apa saja yang menarik? Ada kerupuk melarat, rangginang udang, kerupuk kulit, keripik gapit aneka rasa, emping, terasi. Wah, bisa kalap belanja deh.

Itu sebabnya kawasan wisata Batik Trusmi makin lama makin populer saja. Karena, banyak hal yang bisa dilakukan wisatawan selain belanja batik. Selamat liburan ke Desa Batik Trusmi!. (dtc)

cirebon tour