Berapakah Biaya Homeschooling yang Perlu Saya Bayar Bila Ikut Homeschooling di Surabaya?

 

Biaya Yg Dibutuhkan Guna Mendaftar Program Homeschooling di Surabaya

Judul diatas hanya bisa dijelaskan apabila yang dimaksudkan adalah homeschooling yg diadakan oleh lembaga edukasi tertentu.

Jika dipahami bahwa homeschooling adalah sekolah di rumah, yg diadakan oleh keluarga, tentulah besarnya biaya yg dibayarkan dalam pelaksanaan homeschooling oleh tiap-tiap keluarga bisa berbeda-beda.

Anggap saja sebagaimana halnya menghitung dana belanja anda. Per keluarga memiliki menu serta biaya makan yang berbeda. Demikianlah juga pada penyelenggaraan homeschooling.

Variasi besaran biaya homeschooling amat lebar tergantung pada standar fasilitas dan juga program-program yg diaplikasikan dalam homeschooling. Inilah yang dinamai dengan fleksibilitas pembiayaan homeschooling.

Jikalau keluarga memutuskan untuk mandiri tidak memakai pelayanan dari instansi edukasi tertentu semisal homeschooling primagama, maka tak ada budget perbulan yang harus anda bayarkan. Setiap dana yang keluarga bayar sepenuhnya buat pendidikan anak-anak secara langsung.

Keunggulan homeschooling adalah pembiayaan yang bisa menyesuaikan. Budget biaya dapat dikendalikan penuh sehingga dapat diselaraskan dgn kebutuhan dan kesanggupan keuangan anda masing-masing.

Misalnya, keluarga mampu melaksanakan homeschooling dengan budget dana yang terbatas dengan menyiasati berbagai hal: penggunaan buku bekas menjadi pengganti buku baru, memakai fasilitas umum (pasar, masyarakat, perpustakaan) untuk sarana belajar, menyusun sendiri kurikulum serta materi homeschooling, saling berbagi keterampilan antara keluarga homeschooling yg satu dengan lainnya, dan sebagainya.

Keluarga lainnya bisa menerapkan homeschooling menggunakan program internasional, mendaftarkan anaknya pada lembaga homeschooling yang ada di Surabaya seperti Homeschooling Surabaya Primagama, memanfaatkan jasa tutor khusus yg cakap, mendaftarkan anak di tempat-tempat kursus yg disukai, memberikan sarana belajar di rumah, dan sebagainya.

Intinya, biaya dapat diatur menyesuaikan dengan kemampuan ekonomi keluarga. Bila memutuskan memanfaatkan materi eksternal (materi siap pakai, kurikulum) maupun layanan eksternal (tutor, konsultasi, kursus, dsb), tentu saja ada biaya yang dikeluarkan.

Orang tua serta anggota keluarga haruslah kreatif untuk menyiasati pelaksanaan homeschooling dengan menggunakan fasilitas dan sarana yg minim, jikalau tak siap dengan harga layanan lembaga pendidikan formal di Surabaya.

Yang terbaik adalah tetaplah mengalokasikan uang untuk pendidikan, seakan putra anda mau disekolahkan di sekolah pada umumnya.

Jika keluarga sebenarnya mampu menyekolahkan di sekolah ternama di Kotamadya Surabaya, maka saran saya dana itu baiknya dianggarkan penuh guna pelaksanaan homeschooling yg bermutu pula, tapi dgn penggunaan yg jauh lebih baik karena setiap pengeluaran tersebut dikontrol dan juga berhubungan langsung dengan kebutuhan edukasi anak.