Keluar Cairan Nanah Dari Kemaluan

Gonore adalah suatu jenis penyakit menular seksual yang berbahaya. Selain berbahaya, penyakit ini juga mudah sekali ditularkan melalui hubungan seksual dengan penderitanya. Penyebaran penyakit ini semakin tak terkendali dikarenakan banyak penderita yang tidak menyadari bahwa dirinya telah terjangkit penyakit gonore. Hal ini disebabkan karena gejala penyakit ini memang tidak spesifik, sehingga banyak masyarakat awam yang kurang mengetahui. Sesungguhnya, penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau kuman Neisseria gonorrhoae memiliki beberapa gejala yang wajib diwaspadai. Berikut ini adalah ulasan mengenai gejala dari penyakit gonore.

1.    Rasa Nyeri di Sekitar Alat Kelamin
Gejala awal dari penyakit gonore adalah rasa nyeri dan rasa tidak nyaman pada area sekitar alat kelamin. Rasa nyeri tersebut akan berlanjut menjadi rasa panas seperti terbakar atau rasa pegal yang berlebihan pada area panggul.

2.    Keluar Lendir yang Berlebihan Melalui Alat Kelamin
Gejala selanjutnya adalah keluarnya lendir dari alat kelamin. Pada wanita, lendir yang keluar menyerupai lendir keputihan, namun warnanya lebih pekat dan disertai bau yang menyengat. Kemudian disusul rasa gatal dan kadang muncul bintil-bintil merah yang gatal dan berair.

3.    Rasa Sakit Saat Buang Air Kecil
Selanjutnya, penderita penyakit gonore akan merasakan sakit dan rasa panas pada alat kelamin saat buang air kecil. Rasa sakit tersebut dapat menjalar ke area perut atau selangkangan. Pada penderita wanita, biasanya rasa sakit tersebut menjalar ke area perut bagian bawah atau rahim.

4.    Keluarnya Nanah dan Darah Saat Buang Air Kecil atau Besar
Selain rasa sakit, perih, dan panas saat buang air kecil, penderita gonore juga akan mengalami keluarnya nanah dari kemaluan dan darah saat buang air kecil. Tak hanya itu, ada pula yang mengalami rasa tidak nyaman dan rasa sakit saat buang air besar. Biasanya tinja penderita juga akan terbungkus lendir yang disertai darah.

Pantangan Makanan Untuk Penderita Gonore

Berikut ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh para penderita penyakit gonore demi efektifitas pengobatan dan proses penyembuhannya.

1.    Seafood
Seafood adalah jenis makanan yang wajib dijadikan pantangan oleh para penderita gonore demi kesembuhan yang lebih optimal. Seafood atau makanan yang berasal dari olahan hewan laut seperti udang, kepiting, kerang, dan cumi-cumi memiliki kandungan protein yang tinggi. Jika penderita gonore terlelu banyak mengkonsumsi protein, maka infeksi bakteri gonore akan lebih sulit untuk disembuhkan. Selain itu, biasanya protein bereaksi terhadap obat-obatan sehingga akan sangat aman bila seafood tidak dikonsumsi selama proses pengobatan.
2.    Telur Unggas
Hampir sama dengan seafood, telur unggas juga memiliki kadar protein yang sangat tinggi, terutama pada telur puyuh dan telur bebek. Oleh karenanya, para penderita gonore direkomendasikan untuk tidak mengkonsumsi segala jenis telur unggas guna mempercepat proses penyembuhan.
3.    Sayur Bayam dan Sawi
Selain protein hewani yang dapat bereaksi pada obat-obatan yang digunakan untuk mengobati penyakit gonore, sayur-sayuran seperti bayam dan sawi juga sebaiknya dihindari. Hal ini disebabkan bayam dan sawi mengandung zat yang dapat menginduksi inflamasi yang terjadi pada kulit. Penderita penyakit gonore biasanya mengalami pembengkakan pada alat kelamin, jadi sangat disarankan agar para penderita tidak mengkonsumsi bayam dan sawi.
4.    Makanan yang Digoreng
Makanan yang diproses dengan cara digoreng juga harus dipantang. Minyak yang digunakan dan menempel pada makanan tersebut akan diproses oleh hati, padahal bakteri gonore dapat menyerang organ hati. Sehingga jika dipaksakan maka kerja hati akan semakin berat. Kemungkinan kerusakan fungsi hati akan lebih banyak dibandingkan pada penderita yang tidak mengkonsumsi makanan yang digoreng.

Pantangan untuk makan makanan seperti yang telah disebutkan sebaiknya benar-benar dipatuhi. Selain untuk mempermudah proses pengobatan juga untuk menjaga ketahanan tubuh si penderita. Sangat disarankan bagi penderita untuk mengkonsumsi obat herbal penyakit gonore karena obat herbal tidak mudah bereaksi dengan protein, sehingga pengobatan lebih maksimal. ( baca juga artikel " obat penis keluar nanah")