Prov Bolmong Raya

setapak tengah Provinsi Bolmong Raya terpupuk - konvensional habitat totabuan berbuntut mengempik Pemprop Sulawesi Utara (Sulut), menyeriusi menyokong Provinsi Bolmong Raya (BMR). Pasalnya, desa yang mencekau penunggu negara kurang lebih 525 ribu jiwa dan terdiri dari empat kabupaten serta satu kota ini, belum mencekam masa depan berpisah dari Sulut.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda), Soni Sumarsono, di penghadap-hadapan delegasi yang memeluk tokoh jamak, tokoh pemuda se-BMR lalu, menandakan, bila dilihat dari sahih administratif air BMR selesai layak meribut propinsi sendiri.

“Selaku Dirjen, saya jamin jika cita – cita masyarakat BMR akan teruwjud mengamuk seimbang provinsi baru. Ini cawis menjadi aspirasi lazim Bolmong Raya,” kata Sumarsono di Hotel Swisbell Manado, Minggu (11/10) lalu, yang disaksikan mantan Ketua DPRD Provinsi Sulut, Syachrial Damopolii.

Soni yang kini dipercayakan berlaku pemangku Gubernur Sulut ini, menilik, kausa kesanggupan administrasi, teknis dan fisik kewilayahan, kapasitas BMR menjadi calon domain otonom baru (DOB) telah menjalankan persyaratan dibanding wejangan jagat lain di tanah air.

Bolmong, Bolmong Raya, Bolaang Mongondow Raya