Cara Perawatan & Kesehatan Rambut Sesuai Jenis dan Tipe Rambut

Cara Perawatan & Kesehatan Rambut Sesuai Jenis dan Tipe Rambut

Perawatan & kesehatan rambut yang sering kita lakukan umumnya adalah dengan mencuci rambut secara teratur serta menggunakan kondisioner apabila diperlukan. Namun, hal yang terpenting dari merawat kesehatan serta keindahan rambut ialah memperhatikan jenis dan tipe rambut kita terlebih dahulu.

Hal itu karena jenis serta tipe rambut yang berbeda akan membutuhkan perawatan yang berbeda pula. Banyak orang menyepelekan hal ini dan merawat rambut ala kadarnya, padahal apabila dirawat dengan benar sesuai dengan jenis dan tipenya, rambut akan semakin indah, sehat dan terlihat menarik.

Sebelum mengetahui bagaimana cara merawat kesehatan rambut, terlebih dahulu harus kita ketahui jenis rambut apa yang kita miliki. Umumnya, jenis rambut akan sama seperti jenis kulit. Orang yang berkulit normal akan memiliki rambut normal pula, demikian pula dengan orang yang memiliki kulit berminyak atau kering, rambutnya juga akan berminyak ataupun kering.

Jenis rambut yang pertama adalah rambut berminyak, atau yang disebut juga oily hair. Jenis rambut ini terjadi karena kelenjar minyak aktif serta kadar hormon tinggi. Rambut ini akan terlihat lepek di kepala dan berketombe. Kotoran dan debu juga akan menempel dengan mudah.

  1. Perawatan & kesehatan rambut berminyak meliputi mencuci rambut secara rutin tiap hari supaya rambut senantiasa bersih.
  2. Gunakan pula shampo yang cocok untuk rambut berminyak. Pada saat keramas, diamkan sebentar antara tiga sampai lima menit sebelum dibilas.
  3. Toner rambut atau penyegar dapat digunakan supaya rambut tidak berbau.
  4. Hindari penggunaan kondisioner mulai dari bagian akar rambut. Gunakan kondisioner dari tengah rambut lalu pijat lembut.
  5. Hindari pula konsumsi makanan dengan kandungan minyak yang terlalu banyak. Selain itu, jangan terlalu sering pula menyisir rambut karena akan menyebar minyak ke seluruh bagian rambut.

Jenis rambut kedua adalah rambut kering atau dry hair. Rambut kering ini mudah kusut, sangat rapuh serta sulit disisir. Rambut juga sering terlihat pecah-pecah, tidak sehat serta bercabang.
Untuk melakukan perawatan & kesehatan rambut kering yang tepat, jangan melakukan keramas tiap hari. Keramas tiap tiga sampai lima hari sekali saja.

  1. Pilih shampo yang ringan serta rutin gunakan kondisioner.
  2. Penyebab rambut kering ialah treatment yang berlebihan, termasuk terlalu sering mewarnai rambut. Hindari pewarnaan rambut apabila rambut memang sudah terlihat sangat kering.
  3. Faktor lain yang menyebabkan rambut menjadi kering ialah gizi buruk hingga anoreksia. Pastikan kebutuhan gizi sehari-hari tercukupi agar rambut senatiasa sehat dan tidak kering.
  4. Perawatan alami untuk rambut kering ialah dengan memanfaatkan minyak zaitun dan madu. Campurkan keduanya dengan almond, lalu balurkan ke rambut dan bungkus menggunakan handuk selama tiga puluh menit. Bilas rambut sampai bersih.

zonarambut.blogspot.com