Cara Merawat AC Mobil yang Benar agar Dingin

Cara Merawat AC Mobil yang Benar agar Dingin

Lantaran perubahan industri otomotif yang makin maju serta cepat dengan mesin yang telah makin bertenaga serta design yang makin moderen serta tertutup bikin AC mobil jadi piranti harus mesti ada didalam tiap-tiap kendaraan roda 4, karena lebutuhan customer yang beragam macam. Cara membuat AC dingin itu sebenarnya mudah.

Manfaat AC mobil bukan sekedar untuk mendinginkan hawa tetapi lebih kompleks, yakni sebagai alat aliran hawa yang ada didalam mobil supaya orang yang ada didalam bisa tetaplah hirup hawa fresh, melindungi kelembabannya serta meminimalkan debu yang masuk kedalam. Di sebagian negara yang memiliki 4 musim, AC mobil bahkan juga memiliki manfaat penambahan yakni bisa menghangatkan ruang dalam mobil ketika musim dingin (salju). 

Berdasar pada manfaat AC mobil yang dijelaskan di atas kita semestinya menjaga AC mobil seperti waktu kita menjaga mesin mobil itu, namun ada banyak yang meremehkan masalah perawatan AC mobil itu, cobalah pikirkan apa yang terjadi bila AC mobil tak dingin lagi, atau bahkan juga tak menyala? Oleh karena itu baiknya kita mesti pikirkan masalah perawatan AC kendaraan anda.  Berikut ini cara merawat ac mobil yang benar.

Lantaran manfaat AC mobil begitu dibutuhakan, kesempatan ini jagatotomotif memberi sedikit panduan supaya keadaan AC mobil anda tetaplah terbangun serta tahan lama, lantaran bila telah rusak cost melakukan perbaikan atau ganti cukup mahal. 
 
Janganlah menghidupkan AC mobil ketika RPM tinggi 
Mekipun tampak remeh namun hal itu bisa bikin AC mobil anda cepat rusak, bahkan juga kopresor untuk AC bisa lepas. Lantaran ketika putaran mesin (RPM) tinggi serta anda menyalakan serta mematikan AC berkali-kali bakal bikin kompresor segera terima desakan besar dari mesin hingga kompresor cepat rusak atau bahkan juga bila tak kuat kompresor bisa lepas dari tempatnya, ini begitu beresiko. 

Langkah paling baik untuk menghidupkan serta mematikan AC mobil yaitu waktu RPM rendah, misalnya waktu dilampu merah atau saat berkendara pelan, begitu magnetic clutch kit serta piranti kompresor lain tak kaget terima daya besar dari mesin. 

Bila kompresor AC mobil telah tidak bisa diperbaiki serta mesti ditukar biayanya sekitaran 1, 5 juta untuk yang sisa serta yang baru sekitaran 2 juta lebih, bergantung type mobilnya. 

Menghidupkan AC ketika suhu dalam mobil begitu panas 
Aksi ini kerap sekali dikerjakan oleh ingindara mobil, argumennya agar keadaan cepat dingin, namun hal itu tak dianjurkan, lantaran AC mobil bakal bekerja lebih berat untuk mendinginkan ruang didalam mobil itu hingga usia gunakan dari AC bakal menyusut, diluar itu lantaran pergantian suhu yang mencolok bakal bikin dasboard didalam mobil jadi cepat retak-retak. 

Pemecahannya bisa dengan buka jendela mobil serta cuma menghidupkan blower (cuma kipas) terlebih dulu supaya keadaan suhu dalam kabin turun dengan sendirinya, bila telah barulah menyalakan AC mobil. 

Karpet mobil serta filter kabin kotor 
Keadaan karpet yang kotor bisa mengakibatkan evapolator juga kotor serta lama kelamaan bakal berlendir, karena debu atau remah-remah makanan yang ada dikarpet bakal tersedot oleh blower AC, bahkan juga mobil keluaran paling baru yang memiliki filter kabin, lantaran filter kabin tak dapat menyaring semuanya kotoran yang ada, sifatnya cuma meminimalkan kotoran yang tersedot. Filter kabin juga butuh dicek kebersihannya, bila perlu ditukar tiap-tiap 1 th. sekali bergantung keadaan filter itu, bila sebelumnya 1 th. telah kotor baiknya ditukar. 

Untuk menangani hal itu rajin-rajinlah membersihkan kendaraan mobil anda demikian halnya karpet serta bersihkan filter kabin, sisi dalam mobil juga jangan pernah lupa supaya keadaan AC mobil tetaplah terbangun.