Memahami Apa Itu Akuntansi Dengan Benar

Secara simple Akuntansi adalah suatu ilmu yang mempelajari pengeluaran dan pemasukan keuangan. Secara umum Akuntansi merupakan suatu proses kesibukan produksi information keuangan (input) untuk membuahkan Info keuangan (output) yang berguna bagi pihak-pihak pemakai Info akuntansi. Profesi yang menggeluti ilmu akuntansi dikenal bersama sebutan akuntan, Jika saudara ingin menjadi seorang akuntan yang handal maka kuasailah akuntansi bersama maksimal, sesudah itu ikutilah rute menjadi akuntan profesional. Pada hakikatnya manusia mengenal akuntansi dimulai sejak manusia mengenal uang, sejak manusia bisa mencatat dan sejak manusia bisa menghitung. Adapun pengertian akuntansi sendiri Secara khusus bisa diamati dari lebih dari satu faktor antara lain:

Makna Akuntansi dipandang sebagai seni
Akuntansi merupakan seni mencatat, menyajikan dan menafsirkan secara sistematik transaksi-transaksi keuangan sebuah perusahaan ( Kontinental ).

Keterangan;
Fungsi Pencatatan (recording) ; mencatat secara sistematik semua transaksi perusahaan.

Fungsi Penyajian (presentation) ; mengikhtisarkan secara sistematik information akuntansi dalam wujud laporan- laporan keuangan dan atau bentuk-bentuk lainnya,disajikan untuk mereka yang mempunyai kepentingan bersama perusahaan
Fungsi Penafsiran (interpretation)  ; sebabkan analisa terhadap information akuntansi baik yang diikhtisarkan dalam wujud laporan keuangan ataupun dalam bentuk-bentuk lainnya.

Makna Akuntansi dipandang sebagai jasa
Pengertian Akuntansi bisa didefinisikan sebagai tersebut :

Akuntansi adalah suatu kesibukan jasa yang fungsinya memberi tambahan Info kuantitatif,umumnya dalam ukuran uang berkenaan suatu badan ekonomi yang dimaksudkan untuk digunakan dalam pengambilan ketetapan ekonomi.
Komponen dari definisi ini adalah :

Informasi kuantitatif : Akuntansi berhubungan bersama angka-angka.

Ukuran Uang : Akuntansi memakai ukuran keuangan

Dapat digunakan : Akuntansi bisa mendukung dalam pengambilan keputusan.

Pengambilan Keputusan : Informasi yang dihasilkan Akuntansi digunakan sebagai pengambilan keputusan.
Makna Akuntansi faktor proses

Akuntansi merupakan suatu proses identifikasi, mengukur dan melaporkan Info ekonomi supaya terlalu mungkin terdapatnya penilaian dan ketetapan yang mengerti dan tegas dari pemakai Info tersebut (anglo saxon)
Dari definisi tersebut maka akuntansi mempunyai tiga kesibukan yakni :

  • Mengidentifikasi dan menghimpun information selama satu periode untuk mengambil alih keputusan
  • Menyusun information untuk sebabkan laporan keuangan
  • Menginformasikan information terhadap yang membutuhkan

Banyak orang jadi binggung dan belum mengerti berkenaan perbedaan antara akuntansi dan pembukuan.Seringkali orang berfikir bahwa akuntansi adalah persamaan kata dari pembukuan.Padahal antara akuntansi dan pembukuan punyai banyak perbedaan pengertian.

Pembukuan
Pembukuan merupakan kesibukan pencatatan information usaha suatu perusahaan bersama suatu cara tertentu. Seorang pemegang pembukuan barangkali bertanggung jawab terhadap semua catatan usaha suatu perusahaan, tapi barangkali juga hanya bertanggung jawab terhadap suatu bagian kecil tertentu, layaknya catatan penjualan kepada pelanggan perusahaan saja.Sebagian besar pekerjaan pembukuan adalah pekerjaan klerikal, dan kalaupun berlangsung peningkatan umumnya dapat dibantu bersama perlindungan computer.

Akuntansi
Akuntansi lebih memfokuskan terhadap aktivitasnya desain system pencatatan, buat persiapan laporan keuangan berdasarkan information yang ada, dan menginterpretasikan (menafsirkan) laporan tersebut. Akuntan seringkali memeriksa pekerjaan para pemegang pembukuan.Diperusahaan besar akuntan punyai tanggung jawab dan otoritas yang lebih besar dibandingkan bersama pemegang pembukuan.Memang pekerjaan akuntansi terhadap bagian awal  juga mencakup pembukuan, tapi terhadap bagian selanjutnya seorang akuntan wajib punyai ilmu yang lebih banyak, pemahaman konsep yang lebih baik, dan kemampuan analitis yang lebih tinggi disbanding seorang pemegang pembukuan.