Mengetahui Tugas Bisnis Proses Penggajian/Payroll

Administrasi penggajian/payroll adalah pekerjaan rutin dan merupakan salah satu bagian terpenting dalam manajemen perusahaan. Proses perhitungan gaji harus dapat dilakukan dengan cepat, tepat dan akurat. Untuk dapat melakukan administrasi penggajian yang baik diperlukan pengetahuan dan pemahaman yang komprehensif tentang administrasi penggajian. Administrasi penggajian harus sesuai dengan hukum dan perundang-undangan yang berlaku seperti UU Tenaga Kerja, Perpajakan, Jamsostek dan menunjang keberhasilan perusahaan. Untuk itu profesional dalam bidang HRD/Payroll dituntut mampu melaksanakan proses administrasi penggajian mulai dari pemahaman terhadap konsep penggajian, proses perhitungan dan pembuatan laporan penggajian.


Aktivitas siklus Payroll system (Penggajian).
HRM/payroll merupakan kumpulan aktivitas yang berulang dan operasi pemrosesan data asosiasi dengan manajemen pekerja. Payroll adalah sebuah metode untuk mengatur pendapatan karyawan didalam sebuah organisasi. Berikut aktivitas yang terdapat dalam siklus payroll:

  • Update File Master Payroll
    Aktivitas ini menunjukan perubahan seperti pengangkatan karyawan baru, penghentian, perubahan dalam tingkat gaji atau perubahan dalam struktur penggajian. penting bahwa perubahan penggajian dimasukan secara teratur dan merefleksikan dengan benar pada periode pembayaran selanjutnya.
  • Update Tingkat Pajak dan Pengurangan Lainnya
    Aktivitas ini melibatkan update informasi tentang tingkat pajak dan pengurangan lainnya. perubahan ini terjadi ketika update tentang perubahan pada tingkat pajak dan pengurangan penggajian dari berbagai unit pemerintah dan perusahaan asuransi.
  • Validasi Kartu Kerja dan Kehadiran
    Informasi ini mempunyai berbagai bentuk, tergantung status seorang karyawan.
  • Menyiapkan Penggajian
    Data tentang jam kerja disediakan oleh departemen dimana karyawan bekerja.
    Informasi gaji diperoleh dari file master payroll. Orang yang bertanggung jawab untuk menyiapkan pembayaran gaji tidak dapat menambah rekord baru pada file ini.
  • Membayar Gaji
    Aktivitas ini melakukan penyerahan cek kepada karyawan. sebagian besar karyawan dibayar baik dengan cek atau langsung dimasukan ke rekening tabungan karyawan di bank.
  • Menghitung Tunjangan Yang Sudah Dibayarkan dan Pajaknya
    oleh perusahaan. pihak perusahaan sering menanggung premi atas asuransi kesehatan, kecelakaan kerja dan lainnya untuk karyawan.
  • Pembayaran Pajak Penggajian dan Pengurangan Lainnya
    Aktivitas terakhir ini melakukan pembayaran utang pajak penggajian dan pengurangan lainnya atas setiap karyawan. Organisasi harus secara periodik menyiapkan cek atau melakukan transfer secara elektronik untuk membayar berbagai utang pajak yang muncul.