Formula Kebahagiaan

Memang tak mudah, tapi juga tidak sulit.

 

Yaahh….itulah kehidupan. Kebebasan yang terbatas. Kebebasan kita yang dibatasi oleh hak orang lain.

Hidup ini memang tidak mudah, tapi juga tidak sulit asalkan kita tahu dan mengerti formula kebahagiaan. Dengan formula kebahagiaan atau yang lebih mudah didefinisikan sebagai rumus kebahagiaan, kita sebagai manusia tidak akan merasa tertekan dengan apapun tema kehidupan.

 

Formula kebahagiaan diajarkan disetiap agama. Sebagai muslim, Al Qur’an lah tempat menemukan formula kebahagiaan.

 

Here we go…..

 

1.       Jangan berteman dengan yg namanya penyakit hati. Iri, dengki, sombong, serakah, amarah dan lain sebagainya, bener-bener gak ada gunanya sama sekali dalam hidup. Yang ada, kalau kita hold penyakit itu dalam hati, hidup gak ada tenang-tenangnya, gak ada enak-enaknya. Jadi ilangin aja deh. Hehe…. as simple as that

2.       Duniawi itu sementara aja. Semua hal yang berhubungan dengan “duniawi” itu gak kekal alias hanya sementara aja. Harta dan jabatan hanya sebagai bonus kebahagiaan. Kenapa kok bonus? karena kebahagiaan yang hakiki itu di akhirat, jadi kalau kita dilimpahi kebahagiaan di dunia, itu adalah bonus semata dan amat sangat tidak layak untuk disombongkan.

3.       Jangan pernah sepelekan ajaran agama dan lakukan ajaran itu. Serius!

Setiap agama pasti mengajarkan kebaikan dan semua ajaran agama akan bermuara pada kebahagiaan yang abadi. Tidak ada satu penciptaan pun yang percuma. Allah menciptakan alam semesta dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan manusia. Jika terjadi bencana di dunia ini, itupun murni akibat ulah manusia itu sendiri

4.       Jangan dibutakan oleh ambisi. Ambisi sih boleh untuk memiliki kehidupan dunia yang lebih baik. Menjadi kaya itu harus loh. Kita tidak salah dilahirkan dalam keadaan miskin, tapi kalau kita mati dalam keadaan miskin, itu murni salah kita sebagai manusia yang tidak berikhtiar maksimal di dunia ini. Tapi tetap berpegang teguh pada jalan agama dan dilarang keras buta oleh ambisi J

5.       Jadilah pribadi yang hangat bagi siapa saja. Karakter manusia itu beraneka ragam, tapi semuanya memiliki kesamaan lho! Yaitu sama-sama egois, sama-sama ingin didengarkan, sama-sama ingin di”manusia”kan. Kalo pemahaman dasar ini kita pahami, kita pasti bisa masuk or berteman dengan siapapun dan dengan karakter apapun. Ini lebih dari serius hehe…

6.       Hidup sederhana. Gak perlu memaksakan diri agar terlihat bergaya. Justru menjadi diri sendiri dan sederhana akan terlihat menawan bagi setiap mata yang memandang.

7.       Ikuti nurani. Semua manusia memiliki nurani dimana itu adalah tempat kejujuran dan kebenaran, bahkan penjahat pun memiliki nurani yang selalu mengatakan tentang kebenaran, apapun itu. Hanya saja, ada manusia yang karena kezalimannya, nurani or mata hatinya ditutup oleh Allah dan tak ada yang bisa membukanya selain DIA yang maha haq.

8.       Buatlah orang lain bahagia. Banyak cara untuk mencapai ini, amat sangat banyak. Dan percaya atau tidak, setiap kali kita berusaha membuat orang lain bahagia, kitalah yg sebenernya merasakan kebahagiaan itu, karena setiap kali kita memikirkan kebahagiaan orang lain, Allah lah yang lebih sibuk memikirkan kebahagiaan kita J

 

Well, simple advices on my own, at least I have done all of those matters and prove it. I am a happy woman, happy wife and happy moslem.  

 

Sungguh menyenangkan bisa saling mengingatkan…