Era Dominasi Barcelona Kini Benar-Benar Berakhir

Era Dominasi Barcelona Kini Benar-Benar Berakhir

Kekalahan 3-0 dalam dua leg babak perempat final Liga Champions Eropa musim ini dari Juventus membuat mantan juru taktik Leicester City, Claudio Ranieri, harus mengatakan bahwa Era dominasi Barcelona, terutama di Eropa, sudah benar-benar berakhir.

 

Barcelona, raksasa Catalan yang bersaing di La Liga Spanyol ini dianggap sebagai klub sepakbola yang mendominasi Eropa dalam satu dekade terakhir. Namun saat ini, terhitung sejak tahun 2017 ini, Dominasi mereka dianggap sudah benar-benar berakhir.

 

Terhitung sejak kemunculan Lionel Messi di tahun 2004 silam, Barcelona memang mendominasi Eropa dan Spanyol. Khususnya di Eropa, mereka adalah tim yang paling banyak memenangkan gelar Liga Champions Eropa. Sejauh ini, mereka sukses memenangi empat trofi Liga Champions, dan mejadi satu-satunya tim yang berhasil memenangkan dua treble winner major dalam sejarah sepakbola.

 

Namun dalam dua musim terakhir, Barcelona seolah kehilangan kedigdayaan mereka di ajang Liga Champions. Tersingkir dari babak perempat final dalam dua musim terakhir, yang terbaru mereka disingkirkan Juventus lewat agregat telak 3-0. Karenanya, mantan pelatih Leicester City, Claudio Ranieri, kemudian beranggapan bahwa Era dominasi Barca di Eropa memang sepenuhnya telah berakhir.

 

"Sebelumnya ada Manchester United, Ajax, kemudian ada Juventus, Milan, Inter. Dan kemudian Barcelona, Real Madrid. Sekarang, semuanya tamat untuk Barcelona. Semua sudah berakhir sekarang." tutur Ranieri menurut BT Sport.

 

Hal yang sama juga dituturkan oleh pandit lainnya yang merupakan mantan pemain sepakbola Inggris, Rio Ferdinand.

 

"Di periode saya, ada tim Inggris yang sempat mendominasi, kemudian tim Spanyol, kemudian ada tim Italia, dan tahu-tahun ada pemain atau tim lain yang akan muncul." Timpal Eks Pemain Manchester United tersebut.