Nasihat Pernikahan untuk Suami dan Istri

Nasihat Pernikahan untuk Suami dan Istri

Nasihat pernikahan - Adalah hal yang sangat penting dalam menjaga bahtera rumah tangga. Biasanya, dalam melangsungkan akad nikah, disampaikan juga nasihat-nasihat pernikahan Islami untuk mengingatkan pasangan yang menikah.

Hal ini dikarenakan, pernikahan yang akan dihadapi tidak hanya akan diisi dengan kesenangan dan kebahagiaan. Tapi terkadang akan pula diisi dengan kesulitan dan ketidak senangan. Semua itu harus dihadapi, karena ia bagai bumbu rumah tangga yanb bisa menjadi perekat dalam hubungan yang suci tersebut.

Salah satu nasihat pernikahan yang tidak boleh dilupakan bahwa pernikahan adalah sarana untuk saling membantu dalam ketaatan kepada Allah.

Suami menuntun istrinya untuk taat kepada Allah. Pun begitu dengan istri, tidak boleh segang untuk minta diberi tuntunan oleh suaminya. Dan jika suaminya tidak mampu atau tidak capable dalam hal ini, maka ia bisa memfasilitasi istrinya untuk menjadi pasangan yang shalihah dengan mengantarnya ke tempat tempat pengajian Islami, misalnya.

Dengan cara ini berarti ia memberikan fasilitas kepada pasangannya untuk semakin taat kepada Allah.

Rumah tangga juga harus dibangun atas dasar cinta. Rasa cinta ini berasaskan ketaatan kepada Allah. Jadi rasa cinta suami kepada istri semata karena kebaikan dan ketaatannya kepada Allah. Nah jika ia marah semata marahnya karena Allah, demi kebaikan pasangannya di dunia dan di akhirat.

karena ia paham bahwa pernikahan yang baik dan memberikan pahala di dalamnya.

selain itu, nasihat pernikahan selanjutnya adalah upaya mereka memberikan ketenangan dalam rumah tangga. Sebagaimana tujuan dari pernikahan adalah untuk mendapatkan sakinah atau ketenangan di dalam diri manusia.

Dengan ketenangan ini diharapkan bahwa seseorang dapat menjalani kehidupannnya dengan penuh semangat. sehingga pada akhirnya dia dapat bekerja dengan produktif dan bisa bermanfaat bagi orang banyak.

Demikianlah bagaimana gambaran sederhana dari nasihat pernikahan Islami yang bisa diberikan dan diingatkan kepada pasangan yang menikah untuk mencapai kebaikan di dunia dan di akhirat kelak. Aamiin.

Baca juga: Kejujuran dan Kenyamanan Pasangan