alextop

Welcome to my blog

Syarat agar Segmentasi Pasar Dapat Menghasilkan Keuntungan Maksimal dan Nyata

Syarat agar Segmentasi Pasar Dapat Menghasilkan Keuntungan Maksimal dan Nyata

 

Dalam melakukan segmentasi pasar kita akan dipaksa membagi-bagi pasar sesuai dengan model yang kita buat. Segmentasi dari sebuah perusahaan dengan perusahaan lain kemungkinan akan berbeda. Segmentasi ini tentu saja bertujuan memaksimalkan keuntungan oleh karena itu kita harus mengenal beberapa syaratnya agar segmentasi dapat berhasil denga baik.

Segmentasi pasar harus bisa menjamin bahwa keuntungan yang akan diperoleh bersifat jagka panjang. Harus menghindari keuntungan yang besar, tetapi hanya untuk jangka pendek saja. Keberlangsungan bisnis tentu akan lebih berharga daripada sekedar keuntungan besar, tetapi tidak dapat berlanjut. Strategi seperti melakukan pemasaran yang tidak jujur dengan mengarahkan produk murahan pada orang kaya dan mengatakannya sebagai produk berkualitas adalah contohnya. Strategi ini dalam jangka pendek akan menghasilkan keuntungan besar, tetapi tidak lama kemudian akan diblacklist oleh pasar.

Segmentasi pasar harus dapat diukur dengan jelas besarannya. Dengan demikian potensi yang dijanjikan oleh masing-masing segmen akan dapat dihitung dengan baik. Potensi yang dimaksud adalah potensi untuk menghasilkan keuntungan bagi perusahaan produsen.

Penghitungan besarnya potensi tersebut juga berkaitan dengan kebutuhan sumber daya dari perusahaan. Sehingga perhitungan ini akan memperjelas potensi mana dan dibutuhkan berapa. Terutama perusahaan kemudian akan konsen pada potensi yang sudah dimiliki oleh perusahaan. Perusahaan juga mesti mencari pengganti yang tepat dari potensi yang dibutuhkan tetapi belum dimiliki oleh perusahaan tersebut.

 

=================================
Iklan: depot air minum
=================================