alextop

Karakteristik Pelanggan Sebagai Pertimbangan Menentukan Segmentasi

Karakteristik Pelanggan Sebagai Pertimbangan Menentukan Segmentasi

 

Karakteristik pelanggan tentu sangat menentukan bagaimana pasar berperilaku. Oleh karena itu karakteristik pelanggan ini harus menjadi pertimbangan utama dalam menentukan segmentasi pasar. Jika perilaku pelanggan tidak diperhitungkan dalam segmentasi pasar, maka kemungkinan besar segmentasi yang dibuat akan gagal dioperasionalkan dilapangan. Dan tentu hal ini akan membawa kerugian bagi perusahaan.

Karakteristik pelangga ini meliputi: geografis, jenis usaha, ukuran usaha, jenis kelamin, usia, pekerjaan dan pendapatan. Masing-masing harus dipertimbangakn dengan baik.

Letak geografis berkaitan dengan kebutuhan ditempat pelanggan tersebut tinggal. Terutama kebutuhan yang spesifik dengan kondisi wilayah. Misalkan di Jakarta akan berhadapan dengan pelanggan yang setiap hari dijebak macet, sehingga banyak mengalami stres, di sana juga banyak polusi dsb.

Jenis usaha yang dilakukan oleh pelanggan tentu akan mempengaruhi bagaimana dunia berperilaku. Termasuk dalam hal ini jenis usaha yang berbeda akan membelanjakan uang untuk barang yang berbeda. Bahkan volume pembelanjaan juga akan cenderung berbeda.

Ukuran usaha tentu juga akan menampilkan perbedaan kebutuhan dan keinginan dari pelanggan. Jika ukuran usaha besar, maka kebutuhannya tentu dalam skala yang juga besar, dan sebaliknya.

Laki-laki dan perempuan akan berperilaku seperti sifat yang sudah biasa kita kenali dan hal itu harus diperhitungkan dalam pemasaran.

Pekerjaan dan pendapatan adalah hal lain yang akan juga harus menjadi pertimbangan yang sangat penting. Orang yang berpenghasilan besar tentu saja akan lebih royal dalam membelanjakan uang. Jenis pekerjaan juga demikain. Para petani baisanya akan lebih hemat dalam membelanjakan uangnya.

=================================
Iklan: depot air minum
=================================