alextop

Gaya Hidup Merupakan Hal Penting dalam Menentukan Segmentasi Pasar

Gaya Hidup Merupakan Hal Penting dalam Menentukan Segmentasi Pasar

 

Salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan dalam segmentasi pasar adalah gaya hidup atau psikografi pelanggan. Gaya hidup ini tentu juga akan sangat menentukan apa dan seberapa banyak yang mereka beli. Bagi produsen hal ini berarti potensi penjualan yang dapat dihitung dan diketahui jenisnya.

Secara umum gaya hidup dapat dibagi menjadi 3 macam. Ada gaya hidup sederhana, gaya hidup sekedarnya dan gaya hidup mewah. Masing-masing kelompok akan sangat berbeda dalam membelanjakan uangnya. Perilaku inilah yang harus benar-benar menjadi pertimbangan.

Mereka yang bergaya hidup sederhana, pada umumnya akan membelanjakan uangnya untuk hal-hal yang memang sangat mereka butuhkan. Bahkan seringkali tidak semua kebutuhan dipenuhi, walaupun sebenarnya mereka mampu. Bagi mereka ketakutan akan kehabisan uang itu menjadi sangat besar. Kelompok ini juga tidak mudah terpengaruh oleh tren yang sedang terjadi. Pembelian mereka bukanlah berdasarkan tren.

Kelompok yang lainnya adalah kelompok yang bergaya hidup mewah. Kelompok ini adalah pasar yang sagat empuk, bagi para produsen. Namun tentu saja mereka menginginkan kualitas yang tinggi. Mereka yang bergaya mewah biasanya tidak peduli seberapa banyak mereka menghabiskan uangnya. Yang terpenting adalah, mereka puas, dan bisa membanggakannya dengan orang lain.

Gaya hidup pertengahan antara sederhana dan mewah adalah mereka yang memenuhi kebutuhan mereka sekedarnya saja. Apa yang mereka butuhkan mereka beli dan yang tidak tidak dibeli. Namun mereka juga tidak terlalu pelit membelanjakan uangnya. kelompok ini adalah kelompok yang paling rasional dalam melakukan pembelian.

=================================
Iklan: depot air minum
=================================