alextop

Welcome to my blog

Segmentasi Pasar Juga Harus Mempertimbangkan Perilaku Pelanggan

Segmentasi Pasar Juga Harus Mempertimbangkan Perilaku Pelanggan

 

Perilaku calon pelanggan atau pelanggan tentu akan sangat berpengaruh terhadap strategi yanga kan diterapkan. Kemampuan membaca perilaku ini merupakan instrument penting dalam penentuan segmentasi pasar. Perilaku pasar meliputi: status pemakai tetap, sensitivitas harga, kesiapan, tingkat pemakaian, dan loyalitas.

Status pemakai tetap meliputi: belum merupakan pemakai, bekas pemakai, dan pemakai. Pelanggan yang sudah menjadi pemakai tetap produk lain tentu akan sulit untuk kita tarik membeli produk kita. Sementara itu bekas pemakai dan bukan pemakai merupakan peluang yang dapat kita kejar. Untuk pasar yang merupakan pelanggan yang belum memakai, maka kita masih harus memberikan edukasi pada mereka tentang produk yang kita pasarkan, sehingga ada tenaga ekstra untuk ini. Sementara itu untuk pelanggan yang bekas pemakai mereka tidak perlu edukasi tetapi mereka mugkin adalah pelanggan yang kecewa, sehingga mereka akan sulit dimasuki oleh produk yang perrnah mereka pakai tersebut.

Pada konsumen yang sensitivitas terhadap harganya tinggi, artinya mereka mudah terpengaruh oleh harga, maka strateginya, kita harus bisa menyediakan harga murah. Konsumen jenis ini akan membeli barang yang mereka anggap murah. Sementara pelanggan yang tidak sensitive harga, kita cenderung bebas menentukan harga.

Kesiapan pelanggan meliputi tertarik, tidak tertarik, atau yang paling siap adalah mereka yang mau beli. Tingkat pemakaian meliputi sedikit, sedang dan banyak. Sementara itu loyalitas mencakup pelanggan setia dan tidak setia.

Semua hal di atas harus dipertimbangkan dalam segmentasi pasar. Semakin menyeluruh pertimbangannya, maka akan semakin baik.

=================================
Iklan: depot air minum isi ulang
=================================