alextop

Apakah Biaya Tetap Itu?

Apakah Biaya Tetap Itu?

Dalam sebuah usaha kita mengenal adanya dua macam biaya, yaitu biaya tetap (fixed cost) dan biaya berubah (variable cost). Berbagai pengeluaran akan dapat dikelompokkan ke dalam dua macam biaya tersebut. Biaya berubah adalah biaya yang besarannya selalu berubah sesuai dengan jumlah barang yang diproduksi atau dijual.

Contoh biaya berubah adalah biaya packing,  biaya bahan baku dsb. Contoh, misalkan kita memiliki sebuah pabrik pembuatan tahu, maka biaya bahan baku yaitu kedelai akan berbeda-beda sesuai dengan jumlah yang diproduksi. Jika kita memproduksi 500 kedelai membutuhkan biaya 100 ribu, maka biaya tersebut akan berubah ketika kita memproduksi 100 kedelai. Untuk memproduksi 100 kedelai biaya akan berubah menajdi 200 ribu, demikian seterusnya.

Untuk dapat mengurangi besarnya biaya berubah ini, maka kita harus dapat mencari sumber bahan baku yang harganya murah. Dengan akses yang baik terhadap harga murah, maka biaya bahan baku per unit akan menajdi turun.

Faktor biaya berubah ini akan sangat mempengaruhi keuntungan, berapapun jumlah yang kita produksi. Sehingga baik perusahaan besar, maupun perusahaan kecil biaya berubah merupakan titik sentral dalam merencanakan kegiatan produksi. Secara umum biaya tetap ini tidak akan berubah walaupun kita memproduksi dalam skala besar. Tetapi biasanya penurunan biaya hanya disebabkan oleh karena pembelian bahan baku dalam jumlah besar akan memungkinkan kita mengakses bahan baku yang lebih murah. Jadi pengaruhnya adalah secara tidak lagsung.

=================================
Iklan: depot air minum isi ulang
=================================