Sungai Ayung

Sungai Ayung

 

Bali terkenal akan kekayaan alam nya.  Salah satunya adalah Sungai. Bali memiliki beberapa Sungai yang indah dan asri. Salah satunya, Sungai ayung merupakan sungai terpanjang dan terbesar  yang ada di Bali yang mengalir dari selat badung menuju ke sanur . Sungai ini juga merupakan sungai yang meiliki debit air yang deras dan bebatuan yang ada di tengah- tengah sungai ini yang memberikan tantangan-tantangan untuk melewatinya . sewa mobil bali jazz -  bali mobil wisata Hal ini lah yang menjadikan sungai ayung sebagai salah satu wisata  air rafting yang paling populer dan menantang yang ada di Bali atau yang sering di sebut ayung rafting.

 

Di lokasi ini bermain arung jeram atau rafting akan sangat menyenangkan bagi para anak-anak, remaja maupun dewasa ingin merasakan sensasi bermain arung jeram, karena tingkat kesulitan di sungai ini tidak terlalu berbahaya dan sulit untuk ditempuh. Tak jarang banyak remaja yang mengambil foto saat sedang meakukan arung jeram karena memang aliran air disini tenang dan hanya ada beberapa kali menjumpai batu besar yang akan di tabrak oleh boat kita. Tak jarang juga kita akan melewati air terjun yang akan menantang adrenalin.

Lokasi start untuk rafting sungai ayung ini sendiri di mulai di daerah Kec Abiansemal Kab Badung Bali. Sekitar 4km dari lokasi wisata Sangeh Mongkey Forest. Dan akan berakhir di Ubud.

Yang menjadi daya tarik dari rafting di ayung adalah adanya pahatan-pahatan cerita ramayana di sepanjang 1km dinding sungai. Serta di tebing-tebing sungai nya terdpat banyak Resort, Villa dan Hotel-hotel ternama yang bisa kita sewa jika kita berasal dari luar bali, tempat jauh atau bahkan hanya sekedar untuk beristirahat dan melepas penat setelah bermain arung jeram ini.

Tak hanya itu di sekitaran sungai ini membentang pepohonan seperti hutan yang lebat di sekitar sungai ini yang menjadikan tempat ini sangat sejuk. Masing-masing boat menampung 4 orang peserta ditambah 1 orang instruktur. Selama kurang lebih 2 jam anda akan mencoba mengarungi derasnya sungai Ayung yang menempuh jarak kurang lebih 12 km. Dalam perjalanan peserta dapat menikmati jeram-jeram sungai Ayung dan berfoto-foto di batu batu pinggir sungai yang latar belakangnya ukir-ukiran sepanjang ratusan meter. Hal ini mencerminkan kreatifitas seni yang tinggi dari orang Bali sehingga menjadi ciri khas dari obyek wisata rafting di sungai Ayung.

 

Jika ingin mencoba wahana rafting ini , akan ada para penyedia layanan rafting di sungai ini yang Jumlahnya tak hanya satu. Ada banyak penyedia jasa rafting tersebut. Setelah sampai di tempat starting point, rafting di sungai Ayung akan segera dimulai. Para peserta akan diberi pengarahan oleh instruktur yang sudah terlatih dan berpengalaman dengan  Ayung river rafting. Misalnya pengenalan alat-alat yang digunakan seperti jaket pelampung, dayung, perahu karet, posisi duduk di atas perahu, cara penyelamatkan diri jika perahu terbalik, dan hal- hal lainnya yang berkaitan dengan kenyamanan dan keselamatan peserta .

Jika takut dengan keamanan maka anda tenang saja, karena instruktur yang bekerja di arung jeram sungai ayung telah terjamin karena telah lulus Swift Program Water Rescue , White Water Safety , Standards By American Affiliation, Australian Safety Standards Of White Water.

Jadi kita dapat menikmati suasana tenang sekaligus menegangkan yang akan disuguhkan oleh sungai ayung tercinta.