Taman Makam Pahlawan Margarana

Taman Makam Pahlawan Margarana

 

Indonesia pernah mengalami masa Penjajahan yang berat. Dimana para penjajah membuat Indonesia mengalami kesulitan memperoleh pengetahuan, makanan, dan kepercaya diriannya. Namun disetiap daerah-daerah di Indonesia memiliki banyak pahlawan yang rela gugur demi mengusur para Penjajah tersebut dari Bumi pertiwi kita. Begitupula dengan Bali. Bali memiliki banyak pahlawan-pahlawan yang gagah berani dan rela berkorban. Hingga demi mengenang kepahlawanan para pahlawan dibuatlah beberapa monumen-monumen yang akan mengingatkan kita kembali pada sikap kepahlawanan mereka.

 

Taman Makam pahlawan Margarana Terletak di daerah tabanan tepatnya Di Desa Kelaci, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan dan dibangun pada tahun 1954 . bali car rental org - bali sari transport Tempatnya yang agak jauh dari pusat Kota Denpasar, hingga memerlukan waktu yang relatif lama.

Kini Tak hanya di Buatkan Monumen perjuangan rakyat Bali atau Museum Bajrasandi , Ternyata ada satu lagi monumen yang senantiasa akan selalu mengenangkan kita pada Para Pahlawan. Monumen itu disebut dengan Taman Makan Pahlawan Margarana. atau yang juga disebut dengan Monumen Nasional Taman Pujaan Bangsa Margarana. Pentingnya dibangun monumen ini adalah untuk mengenang perang puputan Margarana yang berlangsung pasca kemerdekaan Indonesia, yakni pada tanggal 20 November 1946.

Pada saat itu pasukan Divisi Sunda Kecil(nama Bali sebelum kemerdekaan) yang dipimpin oleh Kolonel I Gusti Ngurai Rai harus melawan pasukan Belanda yang ingin kembali berkuasa di Indonesia. Namun sayangnya dalam perang tersebut, seluruh pasukan I Gusti Ngurah Rai mengalami kekalahan hingga Belanda berhasil mendirikan Negara Indonesia Timur.

 

Pembangunan Taman Pahlawan ini di mulai dari Hulu tengah hilir yang merupakan konsep dari Tri Mandala Guna yang di bangun di atas tanah seluas 10 HA . Pada bagian hulu anda bisa menjumpai Taman Bahagia yang berisikan ribuan nisan, termasuk nisan dari para pahlawan perang yang tak dikenal atau tanpa identitas namun tetap membantu dan berperan penting dalam memerdekakan Indonesia.

 

Kemudian di sisi tengah ada  kompleks bangunan suci bernama Taman Pujaan Bangsa. Di dalam bangunan seluas 4 hektar ini terdapat beberapa bangunan seperti Candi Pahlawan Margarana. Candi Pahlawan Margarana memiliki tinggi 17 meter dengan atap bertingkat atau tumpang berjumlah delapan dan pondasi berbnetuk persegi lima yang melambangkan hari proklamasi kemerdekaan Indonesia Yang di candi  Pahlawan margarana terpahat jawaban surat berangkai I Gusti Ngurah Rai kepada Overste Termeleun, pemimpin Belanda kala itu. Dalam surat itu berisi jawaban tegas Dari Masyarakat Indonesia dan Bali untuk menolak tunduk dan hormat di Bawah kekuatan NICA. Sikap cinta tanah air dan tidak mudah menyerah itulah yang harusnya di jaga dan ditiru oleh masyarakat jaman sekarang..Selain candi itu ternyata juga terdapat Taman Pujaan Bangsa atau yang juga dikenal dengan nama  Taman Seni Budaya. Taman ini sendiri berisi wantilan dan tempat-tempat duduk yang dapat digunakan sebagai tempat berkumpul dan beristirahat dan lelah setelah mengelilingi Taman makam Pahlawan Margarana.

Taman Makam Pahlawan Margarana biasanya sangat ramai dikunjungi oleh Wisatawan dan Pelajar pada hari liburan, karea selain dapat mengetahui dengan jelas nama-nama pahlawan, kita juga dapat menabur bunga dan memberikan penghormatan keada para pahlawan yang telah gugur di medan perang.