Asal Muasal Mebel Jepara

Furniture Indonesia terutama dari Jepara mempunyai gaya yang unik. Pelbagai hiasan ukir dan ornamen dapat kita dapatkan menghiasi permukaan bermacam furnitur. Karena ciri khasnya inilah Mebel Jepara banyak dicari oleh bermacam kalangan, malah ekspatriat. Apalagi Jepara terkenal dengan mutu Mebel ukirnya yang bagus sehingga didaulat sebagai pusat Furnitur ukir.

Sebagai pusat Furniture ukir, bisnis Furniture ukir sudah betul-betul berkembang di Jepara dengan ribuan unit usaha yang mengabsorpsi puluh ribuan kekuatan kerja. Jikalau kita telisik lebih jauh, Furnitur di Jepara memiliki sejarah yang cukup panjang. Tak terang dimulainya kapan, ukiran Jepara sudah ada pada tahun 1540an, ialah pada masa Pemerintahan Ratu Kalinyamat di Jepara. Konon, suatu saat kerajaan kedatangan tamu dari Kerajaan Campa (yang kini adalah negara Kamboja) yang merupakan pengukir yang lihai, Sungging Badarduwung namanya. Ratu yang saat itu membangun Mesjid Mantingan dan Makam Jirat untuk suaminya Sultan Hadlirin, meminta tamu kehormatan tersebut untuk mempercantik bangunan-bangunan batu putih tersebut dengan ukir-ukiran relief. Bangunan-bangunan tersebut sudah menjadi bangunan bersejarah dan dapat kita nikmati sampai hari ini. Pada masa Pemerintahan Ratu Kalinyamat itu seni ukir betul-betul berkembang. Jumlah pengrajin ukir bertambah banyak. Tetapi setelah Ratu Kalinyamat meninggal seni tersebut pelan ditinggalkan.

Kemunculan RA Kartini dalam sejarah Jepara juga berpengaruh kepada seni ukir Jepara yang saat itu tidak jelas kondisinya. Kartini mengamati bahwa ukiran Jepara memiliki ciri khas dan berpotensi untuk mengangkat situasi Jepara. Pembimbingan mengenai desain ukir yang disukai pasar malah dikembangkan sampai akibatnya ukir-ukiran tersebut diaplikasikan pada Furnitur rumah tangga untuk dijual di kota-kota besar sampai diekspor ke Belanda. Keadaan ini menghidupkan kembali seni ukir dan lahan pengrajin furniture jepara malahan subur kembali. Keahlian ini semenjak itu diwariskan turun temurun dan sukses bertahan hingga saat ini.

Sejarah Furnitur Jepara yang menarik ini menonjolkan bahwa kerajinan Indonesia memiliki potensi yang betul-betul besar. Furniture yang mempunyai ciri khas ini memiliki mutu yang unggul dan tentunya indah bagi interior.