OJK Dorong Startup Fintech Tingkatkan Inklusi Keuangan

Menurut riset terbaru dari MarketInvoice, sebuah perusahaan penyedia layanan keuangan di Inggris menyatakan bahwa mayoritas perusahaan besar di Inggris telah mengadopsi aplikasi keuangan berbasis teknologi atau fintech (financial technology), yang membantu mereka menghemat jutaan pounds setiap tahun. R3 memimpin sebuah konsorsium lebih dari 70 lembaga keuangan terbesar di dunia dalam penelitian dan pengembangan penggunaan buku besar terdistribusi dalam sistem keuangan. Inisiatif ini merupakan langkah strategis dalam memperkuat pondasi dan langkah kami di industri fintech Indonesia,” sambungnya. Untuk itu ke depan, sejalan dengan upaya mendorong perkembangan industri keuangan syariah, OJK akan terus mengawal perkembangan fintech dengan menekankan azas manfaat dan mematuhi tata kelola yang baik berdasarkan Transparansi, Akuntabilitas, Tanggung jawab, Kemandirian, dan Kewajaran (TARIF) untuk memastikan adanya perlindungan konsumen.
Dengan pemanfaatan teknologi melalui Fintech, bank dan regulator dapat saling bahu-membahu membangun pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Menggandeng bank dan lembaga keuangan konvensional sebagai mitra kerjasama. USC merupakan instrumen tunai baru yang didukung aset digital yang diterapkan pada teknologi ledger terdistribusi untuk digunakan di pasar keuangan institusional global.

Peresmian ini mencerminkan perhatian dan komitmen pemerintah untuk memajukan industri fintech, termasuk blockchain, di Indonesia,” kata Kustiawan. Saat ini, kebetulan saja industri yang terganggu adalah industri lembaga keuangan dengan tingginya penggunaan mata uang kripto. Sektor Industri Keuangan Non Bank (IKNB) di Jatim terdiri dari industri asuransi sebanyak 426 kantor cabang.

PT RIFAN FINANCINDO
Acara dihadiri Gubernur BI Agus Martowardojo, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menko Maritim Luhut Panjaitan, serta pimpinan bank sentral di kawasan ASEAN. Perkembangan bisnis FinTech dan industri lainnya di sektor jasa keuangan, sangat dipengaruhi oleh faktor kepercayaan (trust). Oleh karena itu, mata uang digital menjadi perhatian pelaku pasar keuangan, ekonom, miliarder, dan lainnya.

Melalui platform digital, masyarakat yang berbelanja daring kini bisa memanfaatkan pembayaran cukup melalui dompet elektronik.Untuk memperoleh pinjaman, masyarakat kini juga dapat melakukannya secara mudah melalui layanan peer-to-peer (P2P) lending yang menghubungkan langsung pemilik dana dengan yang membutuhkan konsumen, tekfin memperluas pilihan terhadap akses produk atau layanan jasa keuangan dan mampu menurunkan harga.
Dan besarnya antusiasme masyarakat, kemudahan yang ditawarkan, hingga peraturan yang mengawasi, saya yakin masa depan Fintech di Indonesia dipastikan cerah. Saat ini, tidak lagi banyak orang yang datang ke bank untuk melakukan transaksi keuangan. PT Pegadaian (Persero) justru menilai para pendatang baru tersebut sebagai mitra untuk bersama-sama menyukseskan program pemerintah dalam meningkatkan literasi keuangan ke masyarakat.
Selain mengatur penyelenggaraan LPMUBTI atau Fintech P2P Lending, POJK ini juga mendorong terciptanya ekosistem Fintech secara menyeluruh yang mencakup Fintech 2.0 (antara lain Fintech perbankan, pasar modal, perasuransian, dana pensiun, lembaga keuangan mikro, perusahaan pembiayaan, modal ventura, pergadaian, penjaminan, dan payment) dan Fintech 3.0 (antara lain Fintech big-data-analytic, aggregator, robo-advisor, blockchain, dan lain-lain).
Agar berhasil di fintech, Anda perlu memahami teknologi, keuangan, dan kreasi bisnis. Fintech mampu mengatasi permasalahan sosial dan memberi akses jasa keuangan pada masyarakat kecil, misalnya dengan pinjaman Peer to Peer Lending. Program itu merupakan upaya sinergi kebijakan dalam mengakselerasi inklusi keuangan untuk mendukung Nawa Cita mewujudkan kedaulatan pangan.
Diantaranya karena; Jawa Barat adalah provinsi dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia, suku bunga acuan yang cukup rendah, tingkat literasi dan inklusi keuangan yang akan terus ditingkatkan termasuk penetrasi pasar modal dan keberlanjutan program pembangunan infrastruktur Pemerintah Daerah, penghimpunan sumber dana dari pasar modal seperti RDPT, DIRE, Obligasi Ritel, dan Obligasi Daerah, berkembangnya layanan Fintech, serta tahun politik dilaksanakannya 17 pilkada secara serentak.
Adapun Sekjen Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Korea Teguh Santosa mengatakan, bahwa ketegangan di Semenanjung Korea adalah buah dari perubahan landscape geopolitik di kawasan Asia Timur yang didorong oleh kebangkitan China secara ekonomi dan militer. Kian banyaknya startup, e-commerce, dan industri online lain tentu ikut memicu semakin tingginya permintaan akan layanan fintech.