Mengerti Macam dan Fungsi Valve

Valve merupakan alat yang diaplikasikan untuk mengontrol aliran benda cair, gas ataupun fluidasi benda padat. Toko bangunan atau kios alat rumah tangga banyak yang jual valve sehingga Anda tidak perlu kesusahan untuk mendapatkannya. Valve diterapkan untuk memenuhi keperluan pada pipa air atau kran.
Jual Valve Masoneilan diaplikasikan untuk katup pada kompor atau katup pada kamar mandi.

Jenis-variasi valve seperti gate valve, globe valve, ball valve, sefety valve dan sebagainya. Artikel ini akan membahas empat jenis vale yang sudah disebutkan. Pertama gate valve, yakni ragam valve yang banyak digunakan pada pipa yang berfungsi untuk membuka dan menutup aliran pada pipa. Valve ini tidak bisa untuk mengontrol pesat lambatnya laju aliran fluida dalam pipa. Valve ini wajib dalam posisi terbuka atau tertutup tidak bisa setengah-setengah.

Macam kedua yaitu global valve. Ragam valve yang satu ini juga mudah ditemukan pada warung jual valve yang ada di sekitar Anda. Macam valve ini dapat diterapkan untuk memegang laju aliran yang mengalir pada pipa. Prinsip kerja valve ini yakni tegal lurus dari dudukannya. Globe valve mempunyai tiga format yakni Z-body, Y-body, dan Angel Body. Terdapat perbedaan bentuk di antara ketiganya.

Selanjutnya yakni ball valve yang mempunyai format disc bulat seperti belahan atau bola. Wujud bola hal yang demikian terdapat di komponen tengah lubang yang segaris lurus dengan ujung valve. Lewat benda hal yang demikian aliran akan terjadi. Ball valve banyak digunakan pada industri untuk menahan tekanan sampai 1000 barr. Valve yang satu ini dibuat dari bahan logam, keramik maupun plastik. Bola dalam valve ini akan dilapisi dengan chrome supaya mempunyai daya bendung yang lebih lama.



Macam terakhir adalah safety valve atau katup pengaman. Jenis valve yang satu ini dapat berprofesi otomatis untuk melepaskan zat dari suatu sistem, bejana tekan, ataupun boiler. Macam katup ini