Perbedaan Sejarah, Mitos serta Tradisi

Posted by Bright21Curran-blog, 7 months ago

Sejarah yakni salah satu macam ilmu pengetahuan yang pasti sudah tak asing lagi kita dengar istilahnya. Malahan dalam mata pelajaran di sekolah sendiri telah selalu diajarkan. Melainkan kadang-kadang masih banyak orang yang belum memahami apa itu definisi dari pelajaran history sendiri. Berdasarkan sumber dari ensiklopedia memang diceritakan bahwa istilah ini dimaksudkan untuk mengacu pada suatu ilmu yang membahas tentang asal muasal dan segala wujud kejadian di masa lampai yang dikaji secara mendalam, via alur penelitian yang sesuai dengan prosedur.

Sehingga dengan kata lain dapat diartikan bahwa suatu pelajaran history haruslah mempunyai landasan teoritis uang pas dan dapat dipertanggungjawabkan. Ilmu ini tak bisa asal dikarang atau ditulis tetapi patut berdasarkan bukti yang kongkrit.

Sedangkan istilah lain yang kerap kali dihubungkan dengan history lainnya yakni mitos. Yang berasal dari kata myth. Istilah yang satu ini kerap dikaitkan dan dianggap mempunyai arti yang sama dengan istilah history. Melainkan hakekatnya kedua istilah hal yang demikian ditujukan atau merujuk pada dua hal yang sama sekali berbeda. Anda perlu berhati-hati dalam memaknai keduanya.

Sebab jikalau keliru, karenanya makna yang diwujudkan juga akan berseberangan. Untuk istilah myth ini sendiri diartikan sebagai suatu istilah yang dimaksudkan pada sebuah peristiwa yang diceritakan secara turun temurun dari leluhur dan dianggap benar keberadaannya. Tapi sebetulnya myth ini belum dapat dijelaskan buktinya secara riil. Sehingga apa yang dikategorikan dalam myth ini belum dapat diklasifikasikan dalam history.



Sehingga Anda perlu hati-hati dalam mengartikan mana yang menjadi myth dan mana history. Belum lagi bila dibandingkan dengan istilah legenda. Istilah yang satu ini lebih merujuk pada asal muasal seputar terjadinya suatu tempat atau wilayah. Misalnya adalah Legenda Tangkuban Perahu, atau Legenda Situ Bagendit.

Umumnya dalam istilah legenda i